Perkuat Strategi Bisnis dengan Transformasi Digital

Transformasi digital.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Penyedia solusi e-commerce dan perusahaan rintisan atau startup mulai merambah segmen pasar ritel. Dengan menyediakan IT platform maka akan memberikan kemudahan pada retail membeli barang dagangannya dengan harga kompetitif, pengiriman barang lebih cepat, dan pembayarannya secara digital.

Ribuan Produk Kerajinan RI Bakal Banjiri Pasar Kanada

Di era digital ini menjadi hal penting bagi para supplier, pabrikan atau distributor yang menjual produknya ke general trade (grosir, toko, warung, apotek, reseller), agar mereka dapat melayani pelanggan dengan lebih baik, lebih cepat, lebih efisien, sehingga dapat berkompetisi.

Dengan begitu mereka telah menjadi 'digital distributor' yang andal dan menjadi pesaing serius distributor. Namun, untuk memenangkan persaingan, para supplier maupun distributor dituntut inovatif dan memperkuat strategi bisnis melalui transformasi digital.

MK Tolak Gugatan Sengketa Pilpres 2024, Begini Respons Pelaku Pasar Keuangan

Menyikapi hal itu, perusahaan solusi distribusi di bidang Distribution Management System (DMS) PT Firmus Solusindo memperkenalkan YukKulak, sebuah platform untuk memudahkan para ritel belanja online.

Sedangkan bagi distributor, YukKulak merupakan solusi digital untuk memperkuat (empowering) bisnis para distributor. Empowering distributor dilakukan dengan menyediakan private B2B e-commerce agar distributor dapat mengelola komunitas pelanggannya, mengoptimalkan sales operation dengan hybrid sales mode, dan memperluas customer base.

Rupiah Menguat Pagi Ini Hasil Rilis Neraca Dagang RI Bisa Tahan Pelemahan

Direktur Utama PT Firmus Solusindo Hadi Buntoro menyebut YukKulak adalah platform e-commerce B2B yang disiapkan untuk memudahkan retailer belanja online dengan fleksibel tanpa harus menunggu pelayanan distributor.

Sistem ini adalah Closed Loop System, sehingga distributor dapat mengelola pelanggan di dalam jaringannya dengan mandiri (private). Produk yang ditawarkan dapat di-custom sesuai karakteristik ritel.

"Karakteristik yang dimaksud adalah best buy product, harga, promosi yang berbeda, dapat ditawarkan kepada ritel yang berbeda, tergantung pada target pasar yang dibidik. Selain itu sistem ini telah disiapkan untuk multi-principal," kata Hadi, Senin, 1 November 2021.

Fitur multi-principal yang tertanam pada Closed Loop B2B mempermudah tim sales mengelola, memonitor dan mengevaluasi brand & product performance. Melalui Closed Loop B2B, distributor dapat mengelola pemesanan online dengan lebih cepat, tepat dan menerapkan loyalty program yang menarik.

Dengan akurasi tinggi, para pembuat keputusan dapat menentukan langkah strategis penetrasi pasar ritel lebih luas. YukKulak akan mempercepat proses bisnis internal distributor, karena telah dilengkapi dengan back-end applications yang terintegrasi, dari supply chain management hingga financial accounting management.

Tetapi, bila distributor telah memiliki back-end app sendiri, maka YukKulak dapat diintegrasikan ke dalam back-end app tersebut. Integrasi dapat dilakukan secara otomatis, M2M (machine to machine), semi-otomatis, dan manual, tergantung keterbukaan sistem di back-end app distributor. Aplikasi YukKulak sudah bisa diunduh di Google Play.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya