Perusahaan Ini Meraup Berkah dari Maraknya E-Commerce

Ilustrasi E-commerce.
Sumber :
  • DealStreetAsia

VIVA – Seiring pesatnya perkembangan teknologi informasi, perdagangan digital atau e-commerce terus mengalami peningkatan. Data terbaru Bank Indonesia menyebut transaksi e-commerce hingga akhir 2021 diprediksi meningkat 48,4 persen atau menjadi Rp395 triliun.

Bank Mandiri Kembali Raih Peringkat Satu Top Companies 2024 versi LinkedIn

Salah satu faktor pendorongnya adalah perubahan perilaku belanja masyarakat yang beralih dari offline ke online sejak Indonesia dilanda pandemi COVID-19. Tren belanja online ini didukung oleh menjamurnya platform e-commerce di Indonesia seperti Lazada, Tokopedia, JD.ID, Bukalapak, Blibli, dan Shopee.

Kehadiran pelaku e-commerce juga mendorong tumbuhnya perusahaan ekspedisi dan bisnis logistik seperti Tiki, J&T, JNE, hingga SiCepat Ekspres. Pertumbuhan e-commerce di Indonesia perlu didukung infrastruktur berupa armada pengiriman barang yang memadai dan dapat diandalkan.

Shell Indonesia Bakal Tutup Seluruh SPBU di Medan, Manajemen Ungkap Alasannya

Peluang pasar e-commerce ini ditangkap Multi Inti Transport dengan cepat. Beroperasi sejak 2011 di bisnis transportasi, Multi Inti Transport pertama kali fokus menggarap infrastruktur e-commerce sejak 2019.

“Kami melihat pentingnya para pelaku bisnis e-commerce melayani konsumen dengan pengiriman barang tepat waktu. Kami berperan menjadi mitra penyedia infrastruktur e-commerce dengan menyiapkan rental armada logistik yang aman dan sesuai kebutuhan,” kata Direktur Utama PT Multi Inti Transport, Iwan Nur Fauzi, Selasa, 2 November 2021.

HUT Ke-61, Taspen Tegaskan Komitmen Genjot Kesejahteraan Masyarakat

Posisi penyedia infrastruktur e-commerce, menurut Iwan, sangat strategis dalam siklus perdagangan digital. Menyikapi pertumbuhan nilai transaksi e-commerce yang cukup fantastis sepanjang tahun ini, ia juga mengatakan bahwa Multi Inti Transport sudah mengantisipasinya.

"Sebelum e-commerce menjamur, kami sudah fokus menggarap infrastruktur e-commerce. Kami juga tidak bisa asal menyediakan armada. Kesadaran inilah yang menjadi faktor pemicu tumbuhnya trust pelaku bisnis e-commerce terhadap kami," jelas Iwan.

Hingga saat ini tercatat beberapa jenis kendaraan yang disewakan Multi Inti Transport untuk mendukung laju bisnis pelaku e-commerce, seperti kendaraan logistik jenis blind van, pick up box, box engkel/double, dan wing box.

Multi Inti Transport fokus memperkuat infrastruktur e-commerce di wilayah Jawa dan Sumatera. "Ke depannya, kami akan merambah wilayah lainnya disesuaikan dengan perkembangan e-commerce di Tanah Air," ungkap Iwan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya