Startup Lokal Kenalkan Alat Pelacak Canggih

Ilustrasi internet satelit.
Sumber :
  • The Times

VIVA – Adanya satelit membuat kita tidak perlu kebingungan mencari arah, cukup mengandalkan peranti Global Positioning System atau GPS maka lokasi koordinat bisa diketahui secara detail.

Coros Rilis Vertix 2S, Ini Spesifikasi dan Harganya

Teknologi ini memanfaatkan sinyal dari beberapa satelit, yang diorbitkan ke luar angkasa. Dengan demikian, maka tingkat keakuratannya cukup mendekati lokasi yang sebenarnya, mungkin selisihnya hanya 1-2 meter saja.

Perangkat ini juga bisa dibuat dengan ukuran sangat kecil, bahkan saat ini sudah tersedia pada semua ponsel keluaran terbaru.

Sinar Mas Land Melalui Digital Hub bersama Xendit Gelar DNA VC Startup Connect

Selain dimanfaatkan bersama dengan peta digital, GPS juga banyak dipakai sebagai alat pelacak. Teknik ini sudah lama ada di negara maju, dan kini telah diproduksi juga di dalam negeri.

Seperti yang ditawarkan oleh PT Sinergi Teknologi Terpadu Indonesia, Perusahaan startup Aplikasi GPS Karya Anak Bangsa dengan merek StartGPS itu meluncurkan dua alat pelacak sekaligus. Produk pertama adalah GPS Tracker untuk Mobil dan Alat Berat, produk kedua untuk sepeda motor.

Angin Segar untuk Startup Pemula

Pelacak GPS buatan Startup lokal

Photo :
  • StartGPS

Produk pertama yang diluncurkan adalah StartGPS S910 dengan fungsi unik dan menarik, yaitu bisa pantau pemakaian bahan bakar kendaraan secara realtime.

“Pemilik usaha dengan armada operasional yang banyak, dapat memantau BBM dengan mudah, dan terdapat laporan yang bisa diunduh," ujar Business Process Manager STTI, Irma Purnamasari melalui keterangan resmi, dikutip Sabtu 6 November 2021.

Fungsi berikutnya dari StartGPS S910 dapat ditambahkan opsi untuk memantau temperatur kabin cold storage, yakni menggunakan sensor Bluecoin.

"Fitur ini sangat berguna bagi pemilik kendaraan angkutan frozen food, atau yang sedang ramai yaitu kendaraan pengangkut vaksin COVID-19. Sensor tambahan menggunakan koneksi secara wireless melalui Bluetooth,” tuturnya.

Produk kedua yang diluncurkan adalah StartGPS ST008, sebuah unit yang dirancang khusus untuk sepeda motor.

“Alat ini memiliki keunggulan anti air, dengan sertifikasi IPX5. Sehingga, aman terutama di musim hujan seperti sekarang, dan saat cuci steam juga tidak takut jika GPS terkena air. StartGPS S910 dibanderol Rp1.599.000, dan StartGPS ST008 Rp999.000,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya