Penghargaan untuk Pahlawan Digital

E-commerce.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA – Sejak awal pandemi COVID-19, tingkat penetrasi e-commerce di Indonesia meningkat signifikan. Berdasarkan laporan Sirclo bersama lembaga riset lain bahwa konsumen yang memilih berbelanja online secara eksklusif telah meningkat dari 11 persen sebelum pandemi menjadi 25,5 persen di awal tahun ini.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Tidak hanya itu, Indonesia juga masuk dalam lima besar negara yang memiliki frekuensi belanja online terbesar di dunia, di mana 40 persen konsumen berbelanja online setiap minggunya, menurut publikasi Knight Frank Australia pada Juli 2021.

Karena itulah, peran dari staf lapangan dalam menggerakkan roda bisnis e-commerce di Indonesia semakin besar. Kehadiran pahlawan digital, atau para pekerja lapangan di garis depan, memastikan jutaan pembeli di berbagai penjuru Indonesia bisa menerima pesanan mereka dari kenyamanan rumah.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Mereka adalah staf gudang, staf logistik, bagian pengemasan, hingga kurir pengiriman. “Para pekerja lapangan di sektor e-commerce menjadi salah satu kelompok pahlawan digital yang bekerja siang-malam demi memenuhi kebutuhan konsumen di kanal online," ungkap Chief Services Officer Sirclo, Rinaldi Tjhin, Kamis, 11 November 2021.

Menurutnya, sejak awal pandemi COVID-19, para pekerja lapangan berani mengambil risiko untuk tetap bekerja dari fulfillment center setiap hari, bahkan ketika gelombang pandemi meningkat, demi memastikan para pembeli bisa menerima pesanan dengan tepat waktu.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

"Kami berharap semakin banyak pihak yang dapat mengapresiasi kehadiran para pekerja lapangan di garis depan ini. Karena kami percaya bahwa berkat dedikasi mereka, kita semua bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari secara mudah dan praktis melalui e-commerce,” ungkap dia.

Sementara itu, perwakilan dari staf lapangan Sirclo, Adiyanto Didiet mengaku, meski berada di belakang layar tapi dirinya percaya bahwa kinerja dan kontribusi merupakan bagian dari suatu tujuan yang besar.

"Selama masa pandemi peran kami semakin berkembang. Dari sebelumnya memenuhi kebutuhan konsumen, hingga sekarang turut menjaga keselamatan konsumen dan membantu menekan penyebaran COVID-19," paparnya.

Sirclo.

Photo :
  • Sirclo

Untuk itu, Sirclo membagikan 700 hampers untuk para pahlawan digital. Pemberian bingkisan sekaligus bentuk apresiasi atas kerja keras dan konsistensi mereka, terutama di fulfillment center atau tempat menyimpan barang sementara untuk diproses guna memenuhi order konsumen, yang tersebar di Jabodetabek, Yogyakarta, serta Surabaya.

Dalam menjalankan inisiatif tersebut, Sirclo merangkul 10 brand klien sebagai mitra, di antaranya Ajinomoto, Asahi, Danone Indonesia, Frisian Flag Indonesia, Indofood Snack Time, Kopi Luwak, Kratingdaeng Indonesia, Mamee, Ultrajaya, dan Sukanda Djaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya