Tokko Bantu Digitalisasi UMKM Surabaya

Aplikasi untuk UMKM
Sumber :
  • Tokko

VIVA – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM menjadi salah satu industri yang paling terkena dampak dari adanya pandemi, yang melanda Indonesia sejak tahun lalu.

Unilever Indonesia Cetak Laba Bersih Rp 1,4 Triliun Kuartal I-2024

Jika perusahaan besar bisa dengan mudah migrasi ke dunia digital, tidak demikian bagi mereka. Salah satu penyebabnya, yakni kurang paham dengan seluk beluk jualan online.

Adanya ecommerce memang bisa memudahkan mereka untuk memasarkan produk, namun kendala lain yang harus dihadapi yakni barang yang dijual seolah ditempatkan di etalase tanpa ada tampilan yang unik dan berbeda.

Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital, BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024

Solusi dari masalah itu, yakni dengan membuat situs atau laman sendiri. Hal itu yang berusaha dibantu oleh Tokko Semesta, aplikasi untuk membuat toko online yang mendorong UMKM untuk jualan online dengan memaksimalkan produk dan layanannya.
Setelah hadir di Bandung pada Oktober kemarin, kini Tokko Semesta melebarkan sayap mereka ke Surabaya, Jawa Timur. Tujuannya mendorong lebih banyak UMKM di Jawa Timur, khususnya Kota Pahlawan untuk dapat beradaptasi dan bergerak lebih cepat mengembangkan usahanya dengan berjualan online.

Tokko memberikan pendampingan, pelatihan, dan mentorship melalui pendekatan personalisasi yang menyesuaikan dengan kebutuhan skala bisnis UMKM, serta tersedia secara online maupun offline. Saat ini mereka memiliki 2,5 juta pengguna di seluruh Indonesia.

Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia, Intip Perjalanan Bisnis Mustika Ratu

Selain mendapatkan pelatihan dan pendampingan, merchant Tokko juga dapat mengoptimalkan strategi pemasaran digital dengan memanfaatkan fitur Tokko Plus untuk menjangkau pelanggan yang lebih banyak.

“Tantangan lain yang dihadapi oleh UMKM setelah go-digital yaitu persaingan ketat, yang membutuhkan strategi, kekuatan produk, serta pemahaman yang baik terhadap pelanggan agar brand mereka dapat terus bertahan,” ujar Vice Ppresident of MSME Growth Tokko, Tri Sukma Anreianno saat konferensi pers virtual, dikutip Sabtu 20 November 2021.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang turut hadir dalam acara peresmian menjelaskan, bahwa kontribusi UMKM pada PDRB Jawa Timur tahun 2020 mencapai 57,25 persen atau setara dengan Rp1 triliun.

“Saya ucapkan selamat datang Tokko Semesta di Jawa Timur, ayo rangkul lebih banyak UMKM di Jawa Timur dan terus mengambil bagian dalam upaya transformasi digital di Indonesia,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya