GrabFood Vs GoFood dan ShopeeFood, Siapa Jawara di Indonesia?

Ojek online.
Ojek online.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Menurut hasil survei online yang dilakukan oleh perusahaan riset digital Snapcart Indonesia, GrabFood memimpin pasar industri pesan-antar makanan (e-delivery) pada konsumen dan merchant di Indonesia.

Riset mengenai industri pesan-antar makanan ini merupakan yang pertama digelar di Tanah Air pada Oktober 2021, serta melibatkan 500 pemilik restoran dan toko makanan-minuman pengguna aplikasi pesan-antar makanan, dan 570 konsumen pengguna aplikasi pesan-antar makanan.

Survei juga menyasar konsumen dan merchant pada pasar pertama dan kedua. Pasar pertama yakni megapolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Adapun pasar kedua yakni kota besar Bandung, Surabaya, Medan, Lampung, Purwokerto, Banjarmasin, Samarinda, dan Makassar.

Hasil riset Snapcart menunjukkan 82 persen restoran dan toko makanan-minuman menggunakan aplikasi GrabFood untuk layanan mereka. Diikuti GoFood (71 persen) dan ShopeeFood (28 persen).

Aplikasi GoFood

Aplikasi GoFood

Photo :
  • Instagram @gofoodindonesia

Lalu, sebanyak 42 persen merchant dalam riset ini mengatakan mereka telah memanfaatkan aplikasi pesan-antar makanan setidaknya dalam 12 bulan terakhir. Survei juga menemukan rata-rata penjualan harian merchant dari penggunaan GrabFood sebesar Rp750 ribu. Lebih tinggi 13 persen dibanding menggunakan GoFood sebesar Rp670 ribu.

Merchant di Jabodetabek melaporkan penjualan dengan aplikasi GrabFood lebih tinggi 10 persen dibanding GoFood. Sementara untuk kota yang lebih kecil seperti Purwokerto, penjualan merchant dengan menggunakan aplikasi GrabFood lebih tinggi 16 persen dibanding menggunakan GoFood.