Kesengsem sama Industri Mobile Game

Ilustrasi mobile game.
Sumber :
  • VIVAnews / Riki Ilham Rafles

VIVA – Asia Tenggara menjadi salah satu wilayah dengan pertumbuhan industri game tercepat di dunia.

Asia Business Council, Menko Airlangga Yakinkan Komitmen Indonesia Mempercepat Pembangunan Ekonomi

Berdasarkan laporan Newzoo, Asia Tenggara menghasilkan pendapatan dari industri game senilai US$4,4 miliar (Rp63,2 triliun) pada 2019 atau tumbuh 16 persen year-on-year (YoY).

Sebanyak 70 persen dari total pendapatan atau US$3,1 miliar (Rp44,5 triliun) berasal dari mobile game. Kemudian, pada 2021, Newzoo mencatat sekitar 82 persen populasi online di Asia Tenggara bermain mobile game.

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau

Laporan lainnya dari InMobi2 mencatat, Indonesia mengalami peningkatan jumlah mobile gamer sebanyak dua kali lipat dan penggunaan aplikasi mobile game mencapai empat kali lipat pada periode Januari 2020 hingga Januari 2021 (YoY).

Tingginya minat masyarakat di Tanah Air terhadap mobile game ini menjadi basis dari Traveloka merambah sektor tersebut dengan menggelar 'Game Farm International Championship' yang berhadiah total voucher Rp675 juta ini sudah berjalan sejak 6 hingga 19 Desember 2021.

Asia Business Council 2024, Menko Airlangga Kasih Bukti Ketahanan Ekonomi Indonesia

Vice President of Marketing Transport and Financial Services Traveloka Andhini Putri mengaku inovasi merupakan DNA Traveloka yang tentunya berlandaskan pada data terkait tren dan perilaku konsumen.

"Kami melihat adanya peningkatan minat yang pesat terhadap mobile game di kawasan Asia Tenggara. Pertandingan mobile game yang kami lakukan untuk 12.12 Deals diharapkan dapat memberikan pengalaman baru yang menyeluruh, unik, dan lebih interaktif bersama Traveloka,” kata dia, Rabu, 8 Desember 2021.

Pada periode yang sama, konsumen juga dapat memanfaatkan momentum 12.12 Deals dengan potongan harga hingga 70 persen. Promosi secara serentak digelar di negara-negara Traveloka beroperasi, seperti Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina.

Program promosi akhir tahun yang digelar pada 6-19 Desember 2021 menawarkan potongan harga hingga 70 persen yang dapat digunakan untuk beragam produk. Mulai dari Transportasi, Akomodasi, Kuliner, Atraksi, hingga Layanan Keuangan (Asuransi).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya