Data Pribadi Pasien Sangat Dijaga oleh Aplikasi Ini

Perlindungan data pribadi.
Sumber :
  • TUV Rheinland

VIVA – Semakin tingginya kesadaran penderita diabetes dalam mengelola kondisi mereka meningkatkan penggunaan aplikasi Teman Diabetes.

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini

Untuk menjaga kerahasiaan data pribadi pengguna, aplikasi besutan PT Global Urban Esensial meraih sertifikasi ISO 27001 dari British Standard Institution terkait sistem manajemen keamanan informasi.

Sertifikasi tersebut diperoleh karena komitmen Teman Diabetes dalam menjaga kerahasiaan data pribadi penderita diabetes sebagai pengguna aplikasi.

Pasien Imunodefisiensi Primer Minta Pemerintah Masukkan Terapi IDP ke dalam Formularium Nasional

Sertifikasi ini juga menunjukkan bahwa aplikasi ini sudah memenuhi standard internasional dalam melindungi data pribadi penggunanya.

“Kerahasiaan data pribadi pasien dilindungi undang-undang di Indonesia. Kami berkomitmen untuk selalu menempatkan perlindungan data pribadi yang merupakan diabetesi (penderita diabetes) dan seluruh Health Care Professional (HCP) sebagai perhatian utama," kata Head of Doctor Pillar Global Urban Esensial, Mohamad Salahuddin, Rabu, 26 Januari 2022.

Rencana AS untuk Melarang TikTok Memicu Perpecahan Nasional

Ia pun berharap kenyamanan pengguna Teman Diabetes dapat meningkatkan Pemantauan Gula Darah Mandiri (PGDM) dari Sabang sampai Merauke.

Salahuddin juga menyampaikan bahwa salah satu misi aplikasi tersebut adalah menunjang PGDM bagi penderita diabetes dengan memberikan platform untuk merekam data.

Selain itu, Teman Diabetes dapat menghubungkan penderita diabetes dengan tenaga medis ahli diabetes untuk mendapatkan arahan medis sesuai dengan kebutuhan individu para penyandang diabetes.

Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan pada 2018, prevalensi diabetes di Indonesia bertambah dari 6,9 persen pada 2013 menjadi 10,9 persen pada 2018. Maka dari itu, sangat penting untuk meningkatkan kesadaran para diabetesi melakukan PGDM.

Teman Diabetes telah diunduh sebanyak lebih dari 50 ribu pengguna di Google Play Store. Aplikasi ini pun mendapat 4,5 bintang dengan lebih dari 500 ulasan positif dari pengguna.

"Kami berharap agar semakin banyak diabetesi di Indonesia menggunakan Teman Diabetes dengan menggunakan beberapa fitur utama aplikasi seperti Edukasi Dasar, Rekaman yang dapat terintegrasi dengan alat test gula darah, dan Telekonsultasi," tuturnya.

ISO 27001 merupakan suatu standard Internasional dalam menerapkan sistem manajemen keamanan informasi atau lebih dikenal dengan Information Security Management Systems (ISMS).

ISMS adalah seperangkat unsur yang saling terkait dengan organisasi atau perusahaan yang digunakan untuk mengelola dan mengendalikan risiko keamanan informasi, serta untuk melindungi serta menjaga kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity) dan ketersediaan (availability) informasi.

Dengan adanya sertifikasi ISO 27001 ini, pengguna aplikasi Teman Diabetes semakin percaya dalam melakukan PGDM karena keamanan dan kerahasiaan data pribadi pengguna atau pasien yang terjaga dengan baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya