Dua Puluh Startup Berhasil Raup Dana Rp860 Miliar

Startup.
Sumber :
  • TechCircle - VCCircle

VIVA – Surge, program percepatan dari Sequoia Capital di Asia Tenggara dan India, telah meluncurkan kohort keenam yang meliputi 20 perusahaan rintisan atau startup tahap awal.

Angin Segar untuk Startup Pemula

Mereka mendapat pendanaan sebesar US$60 juta atau Rp860 miliar dari Surge dan para co-investor. Dalam 3 tahun terakhir, Surge menghasilkan enam kohort dan 10 ribu startup sudah dievaluasi.

Dengan kohort keenam ini maka 246 founder dari 112 startup dan 15 sektor kini bergabung dengan komunitas Surge. Adapun sebanyak 45 perusahaan dari empat kohort pertama yang terdiri dari 69 perusahaan telah mendapatkan pendanaan lanjutan.

Kunjungi Station F di Paris, Anindya Bakrie Ungkap Rencana Bangun Kampus Startup di IKN

"Kemajuan para startup ini membuktikan bahwa dukungan tahap awal yang diberikan program Surge berdampak bagus pada mereka, kami melakukan pendampingan strategis dan arahan langsung untuk membangun perusahaan," kata Managing Director Surge and Sequoia Capital di Asia Tenggara dan India, Rajan Anandan, Rabu, 26 Januari 2022.

Ia juga mengatakan setiap founder membawa inovasi yang dibutuhkan dunia untuk memecahkan masalah krusial.

Startup Kripto Ini sedang Bahagia

Banyak dari perusahaan ini sedang membangun fondasi digital untuk membuka jalan ke pasar internasional.

"Para startup membangun solusi lebih fresh dan pintar untuk membantu konsumen dan bisnis beradaptasi dengan dunia yang kian berubah," ungkapnya.

Menambah maraknya perusahaan-perusahaan Indonesia yang menjadi bagian kohort Surge adalah Grupin.

Grupin adalah platform social commerce yang menawarkan pengalaman berbelanja interaktif berbasis komunitas kepada konsumen.

Grupin didirikan pada Januari 2021 oleh Kevin Sandjaja, yang sebelumnya menjabat sebagai CEO Pegipegi, dan Ricky Christie yang memiliki 8 tahun pengalaman membangun sistem berskala besar.

“Dengan ini, Surge sekarang memiliki 12 perusahaan Indonesia yang sudah bergabung dengan komunitasnya selama 3 tahun terakhir," tegas Rajan.

Sementara 12 startup Indonesia dalam portofolio Surge adalah Bobobox, Qoala, Chilibeli, Rukita, BukuKas, CoLearn, Hangry, Otoklix, Durianpay, Rara Delivery, dan Vara.

Beberapa perusahaan dalam kohort ini berasal dari sektor AgTech, EdTech, FinTech, direct-to-consumer, dan e-commerce.

Kohort ini juga menampilkan startup-startup perangkat lunak yang berfokus pada cybersecurity, customer engagement, pengembangan bakat, dan pembayaran.

Surge kohort keenam akan dimulai pada 27 Januari 2022, di mana para founder akan menjalani program virtual selama 16 minggu.

Pembicara dan mentor dalam program ini meliputi Edward Tirtanata (Kopi Kenangan), Andre Soelistyo (GoJek/GoTo), William Tanuwijaya (Tokopedia/GoTo), Siu Rui Quek (Carousell), Chhatri Sityodtong (ONE Championship), Ankiti Bose (Zilingo) and Doug Leone (Sequoia Capital).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya