Toko Resmi di Marketplace Jadi Primadona

Ilustrasi marketplace.
Sumber :
  • Poor Sap Publishing

VIVA – Pandemi COVID-19 telah melahirkan fenomena kenormalan baru dengan meningkatnya aktivitas transaksi di ranah online. Termasuk berbelanja melalui marketplace, kini telah menjadi bagian dari yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Deretan Merchandise Resmi K-Pop Bisa Dibeli di Jakarta, Ada Lightstick hingga Album

Menurut laporan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2021 yang dirilis pada November tahun lalu, transaksi e-commerce Tanah Air diproyeksi menyentuh Rp403 triliun.

Jumlah ini tumbuh 51,6 persen dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp266 triliun. Bank Indonesia juga telah memproyeksikan transaksi e-commerce di Indonesia terus naik pada 2022 dengan nilai mencapai Rp530 triliun atau tumbuh 31,4 persen (yoy).

JKT48 Official Store Hadir di Shopee, Shani dan Melody Ramaikan Sesi Shopee Live Streaming

Sementara perkembangan marketplace di Tanah Air, setidaknya dapat tergambar dari riset yang dilakukan oleh Tras N Co Indonesia – perusahaan yang fokus pada penilaian brand atau merek di Indonesia.

Dalam Riset Top Official Store Award, sepanjang 2021 saja melalui official store (toko resmi) di dua marketplace teratas terjadi 4,87 juta transaksi dengan ulasan konsumen mencapai 2,8 juta ulasan serta rating penilaian rata-rata yang sangat baik, yaitu 4,79 dari 5,00.

Langgar HET, 10 Ribu Penjual Minyak Goreng Online Di-Takedown

Tentu saja, dari tahun ke tahun, transaksi terus mengalami peningkatan. Di mana Tras N Co juga meng-capture, hingga 2021, transaksi official store di dua marketplace teratas telah mencapai 10,28 juta transaksi, meningkat hingga 89,79 persen dari tahun sebelumnya, 5,41 juta transaksi.

Manfaat Integrasi Marketplace untuk Bisnis Online Kamu!

Photo :
  • vstory

Tingginya minat belanja masyarakat di marketplace juga dapat dilihat dari ulasan terhadap produk yang dibeli, di mana hingga tahun lalu terdapat 8,11 juta ulasan, meningkat 52,72 persen dibanding tahun sebelumnya, 5,31 juta ulasan.

Tri Raharjo, CEO Tras N Co Indonesia, mengungkapkan pentingnya official store bagi brand bukan hanya sebagai tempat untuk menjual produk.

Menurutnya, official store memberikan berbagai manfaat, seperti membuat produk menjadi lebih mudah dicari, tampilan toko menjadi lebih menarik, menjadi tempat untuk menghadirkan promo khusus, menjadi akses data penjualan, menghadirkan akses ke fitur-fitur khusus, serta mendapatkan kepercayaan pelanggan.

“Biasanya mereka akan memberikan rasa aman dan kepastian kepada calon pembeli saat membeli barang. Pembeli tidak takut saat belanja di official store (toko resmi),” kata dia, Jumat, 28 Januari 2022.

Pada kesempatan yang sama, Susilowati Ningsih, CEO Infobrand.id, memprediksi bahwa membangun dan mengoptimalkan official store melalui marketplace akan menjadi rencana strategis perusahaan ke depannya.

Sebab, belanja online kini bukan lagi suatu kenormalan baru, tapi sudah menjadi kebiasaan baru bagi konsumen Indonesia.

“Setiap perusahaan atau brand yang cakap dalam menciptakan campaign strategy-nya, mampu menembus angka penjualan yang fantastis. Di momentum yang juga sangat tepat, di mana konsumen lebih merasa praktis dan aman melakukan transaksi secara virtual,” tutur Susi.

Untuk mengapresiasi perusahaan dan brand yang berhasil meningkatkan kinerja perusahaan melalui chanel marketplace, Tras N Co Indonesia bekerja sama dengan Infobrand.id menghadirkan Top Official Store Award 2022 sebagai bukti pengukuhan bagi perusahaan dan brand atas aktivitas pemasaran produk melalui marketplace.

Adapun peraih Top Official Store Award 2022 antara lain Philips Lighting, Vaya Madelon, Blackmores, Farmaku, Dan+Dan, Natur-E, Blue Band, Sasa, serta Enesis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya