Toko Resmi di Marketplace Jadi Primadona

Ilustrasi marketplace.
Ilustrasi marketplace.
Sumber :
  • Poor Sap Publishing

VIVA – Pandemi COVID-19 telah melahirkan fenomena kenormalan baru dengan meningkatnya aktivitas transaksi di ranah online. Termasuk berbelanja melalui marketplace, kini telah menjadi bagian dari yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut laporan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2021 yang dirilis pada November tahun lalu, transaksi e-commerce Tanah Air diproyeksi menyentuh Rp403 triliun.

Jumlah ini tumbuh 51,6 persen dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp266 triliun. Bank Indonesia juga telah memproyeksikan transaksi e-commerce di Indonesia terus naik pada 2022 dengan nilai mencapai Rp530 triliun atau tumbuh 31,4 persen (yoy).

Sementara perkembangan marketplace di Tanah Air, setidaknya dapat tergambar dari riset yang dilakukan oleh Tras N Co Indonesia – perusahaan yang fokus pada penilaian brand atau merek di Indonesia.

Dalam Riset Top Official Store Award, sepanjang 2021 saja melalui official store (toko resmi) di dua marketplace teratas terjadi 4,87 juta transaksi dengan ulasan konsumen mencapai 2,8 juta ulasan serta rating penilaian rata-rata yang sangat baik, yaitu 4,79 dari 5,00.

Tentu saja, dari tahun ke tahun, transaksi terus mengalami peningkatan. Di mana Tras N Co juga meng-capture, hingga 2021, transaksi official store di dua marketplace teratas telah mencapai 10,28 juta transaksi, meningkat hingga 89,79 persen dari tahun sebelumnya, 5,41 juta transaksi.

Manfaat Integrasi Marketplace untuk Bisnis Online Kamu!

Manfaat Integrasi Marketplace untuk Bisnis Online Kamu!

Photo :
  • vstory