Begini Caranya Bantu UKM Naik Level

UMKM go digital.
Sumber :
  • The Financial Express

VIVA – Pandemi COVID-19 yang berlangsung selama dua tahun membuat pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) terpukul, sehingga membuat perekonomian nasional turun.

Kunjungan ke Jepang, Sekjen Kemnaker Terus Berupaya Tingkatkan Kerja Sama Pengembangan SDM

Hal ini bisa dipahami karena UKM mempunyai kontribusi yang sangat besar dalam perekonomian nasional. Jumlah UKM di Indonesia sangat banyak dan daya serap tenaga kerja sangat besar.

Untuk dapat memperluas dan meningkatkan daya saing, UKM memerlukan solusi sistem yang dapat mengintegrasikan proses bisnis. Saat ini, tidak banyak sistem ERP SDM yang dapat menangani kebutuhan bisnis yang sedang berkembang.

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Raih Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Beberapa masalah kritis yang dihadapi UKM untuk dapat menerapkan sistem ERP antara lain keterbatasan dana dan kemampuan organisasi untuk teknologi informasi. Perusahaan konsultan HR Path menghadirkan solusi SDM berbasis metodologi baru untuk UKM, yaitu Nubo.

Dengan adanya Nubo, maka mengembangkan bisnis UKM dengan mengelola seluruh rangkaian proses dari rekrutmen karyawan hingga satu ension kini dapat dilakukan lebih cepat, lebih hemat biaya, dan lebih efisien.

Kepala BKKBN: Supaya Anak Tidak Stunting, Beri ASI Eksklusif 6 Bulan!

Regional Manager and Director HR Path Indonesia Andi Wibisono mengatakan Nubo menghilangkan entri manual dan proses administrasi yang tidak efisien.

“Saat ini, tidak banyak sistem ERP SDM yang dapat menangani kebutuhan bisnis yang sedang berkembang. Beberapa masalah kritis yang dihadapi UKM untuk dapat menerapkan sistem ERP antara lain keterbatasan dana dan kemampuan organisasi untuk teknologi informasi,” ujarnya, Kamis, 24 Februari 2022.

Menurutnya, Nubo dari HR Path membantu mempersiapkan human capital UKM dengan baik, membuat UKM naik kelas menjadi perusahaan enterprise.

Human capital management (HCM) penting sebab bisnis tumbuh karena orang, bukan karena mesin,” tutur dia.

Sebagai solusi yang telah terbukti kehandalannya, Nubo mencakup pra-konfigurasi, standardisasi, dan HRIS siap pakai. Nubo membantu departemen SDM mengenali potensi strategis yang mereka miliki untuk secara positif meningkatkan nilai dan hasil usaha.

“Implementasi Nubo pertama kali berhasil dilakukan oleh HR Path di Indonesia dengan AEON Credit Service Indonesia," jelas Andi.

Adapun beberapa faktor yang membuat Nubo lebih unggul diantaranya pengguna memiliki kemampuan untuk menggunakan sistem ERP SDM berkelas, yakni SAP SuccessFactors, penyedia cloud human experience management (HXM) terkemuka di dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya