3 Ojek Online asal Rusia, Ada yang Beroperasi di Indonesia

Aplikasi ojek online Maxim.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Pasar transportasi online Rusia menempati peringkat kelima terbesar di dunia pada tahun lalu.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Taksi online merupakan segmen mobilitas yang paling berkembang di Rusia, dengan omzet pasar yang diproyeksikan melebihi US$11 miliar (Rp158 triliun) pada 2025.

Salah satu perusahaan ride-hailing yang berbasis di Rusia, Maxim, juga sudah masuk pasar Indonesia.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Kini, mereka turut meramaikan wilayah DKI Jakarta dan bersaing dengan Gojek serta Grab, setelah sebelumnya 'main' di sejumlah daerah di Tanah Air.

Tentu saja ada pemain lain di industri ini selain Maxim. Simak informasi berikut berdasarkan data yang diolah VIVA Tekno:

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

YouDrive

Berdiri pada 2016, kemudian diakuisisi oleh Mail.Ru Group tiga tahun kemudian. Bersama Proxima Capital, mereka berencana untuk meningkatkan armada YouDrive menjadi setidaknya 10 ribu kendaraan pada akhir tahun ini dari sebelumnya berjumlah 2.500 kendaraan pada Agustus 2021.

Mereka akan bersaing dengan pemain besar Yandex Go dan perusahaan ride-hailing asal Amerika Serikat (AS), Uber. Kesepakatan ini juga akan melengkapi tujuan mereka pada platform online-to-offline (O2O) bersama Mail.Ru Group dan Sberbank.

Yandex Go

Ini adalah anak perusahaan dari raksasa teknologi Rusia, Yandex. Platform ini mengoperasikan bisnis taksi dan layanan pengantar makanan serta barang di seluruh Rusia, Armenia, Belarusia, Georgia, Kazakhstan, Kirgistan, Uzbekistan, Latvia, Lituania, Estonia, Serbia, dan Moldova.

Yandex Go menggunakan algoritma pintar yang dibangun di atas data lalu lintas real-time untuk menghubungkan pengendara dengan pengemudi terdekat.

Bergantung pada lokasi pengguna, aplikasi juga akan menyarankan titik penjemputan alternatif untuk membantu menurunkan tarif.

Pengguna juga mempunyai pilihan fitur beberapa tujuan, seperti jika ingin mengantar anak ke sekolah, menjemput teman di jalan, bahkan menyediakan kursi anak untuk keamanan.

Maxim

Layanan ini dimulai di Rusia pada 2003. Ditemukan oleh sekelompok insinyur muda Rusia yang berspesialisasi dalam proses teknologi dan otomatisasi produksi.

Mereka ingin mengotomatiskan proses pemesanan sebanyak mungkin dan membuat layanan mereka tersedia secara luas.

Sejak 2014, layanan Maxim sudah beroperasi di negara-negara tetangga Rusia, seperti menyediakan layanannya di Belarusia pada 2017.

Ekspansinya meluas hingga ke Indonesia, Azerbaijan, Armenia, Bulgaria, Georgia, Italia, Kazakhstan, Kirgizstan, Malaysia, Mongolia, Siprus, Tajikistan, Uzbekistan, Ukraina, Montenegro, dan Republik Ceko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya