Startup yang Didanai Jeff Bezos Perluas Bisnisnya ke Jawa Tengah

Ilustrasi startup.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Startup lokal yang mendapat pendanaan dari Jeff Bezos, Lummo baru saja meluncurkan program Lummo Semesta di Semarang, Solo dan Yogyakarta. Perangkat lunak itu digunakan untuk memberikan pendampingan, mentorship dan pelatihan kepada pelaku usaha.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Lummo merupakan startup lokal penyedia solusi layanan perangkat lunak penghubung bisnis, bagi pelaku usaha dan pemilik merek dengan pelanggannya.

Dengan memanfaatkan platform program dan website Lummo, pengguna bisa mengelola operasional bisnis dengan lebih efektif, membangun relasi dan menjual langsung ke pelanggannya, serta membangun merek dan identitas bisnisnya.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

"Pendampingan dan pelatihan usaha yang terintegrasi akan menjadi elemen penting, untuk mempercepat onboarding pelaku usaha ke ekosistem digital seiring dengan pertumbuhan transaksi masyarakat secara daring," ujar VP Growth Lummo, Tri Sukma Anreianno, dikutip Minggu 13 Maret 2022.

Startup Lummo.

Photo :
  • Dok: Lummo
BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

Lummo Semesta telah bekerja sama dengan beberapa lembaga dan dinas pemerintahan seperti Disperindag, KADIN, BPOM, MUI, Dinas Koperasi dan UMKM untuk mendukung daya saing pelaku usaha.

Dengan bergabung di platform ini, para pelaku usaha dapat mengikuti berbagai kegiatan pelatihan pengembangan usaha seperti webinar dan kopdar yang diadakan rutin, pendampingan untuk memperoleh kemudahan di berbagai aspek usaha seperti perizinan usaha, pengembangan akses pasar, sertifikasi halal dari MUI, sertifikasi dari BPOM, dll.

Sebelumnya, Lummo Semesta telah hadir di Bandung dan Surabaya dan telah berhasil menjaring lebih dari 51.000 UMKM sejak diluncurkan akhir 2021 lalu. Peluncuran ini diharapkan dapat mereplikasi kesuksesan pada UMKM di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya