- Vietnam Investment Review
VIVA – Platform e-commerce asal Singapura Shopee membagikan sejumlah tren belanja menarik selama periode kampanye Big Ramadan Sale pada 20 dan 25 April 2022, salah satunya adalah peningkatan aktivitas belanja saat jam sahur.
"Selama kampanye berlangsung di bulan puasa dan lebaran, Shopee telah siapkan ragam promo dan produk yg dibutuhkan pengguna. Terdapat pula hal-hal menarik sepanjang kampanye ini," kata Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna kepada wartawan usai buka puasa bersama di Jakarta, Selasa, 26 April 2022.
Ia mengatakan, rutinitas sahur rupanya mempengaruhi aktivitas belanja pengguna, di mana pukul 03.30 hingga 05.30 WIB, jumlah kunjungan pengguna meningkat.
Selanjutnya, Shopee juga menghadirkan in-app game bertajuk Shopee Kolektor selama kampanye berlangsung dan dimainkan sebanyak lebih dari 90 juta kali.
"Antusiasme yang sama juga terlihat dari para penjual Shopee yang memanfaatkan berbagai fitur dan program untuk mempromosikan produknya di kampanye Big Ramadan Sale," ungkap Monica.
Menurutnya, semangat para penjual ini dalam menghadirkan produk-produk untuk kebutuhan selama Ramadhan juga mendapat respons positif, karena produk seperti hijab, amplop lebaran, sandal pria, dan makanan instan menjadi produk favorit pengguna yang banyak dicari sepanjang Ramadhan.
Belanja online telah menjadi kebiasaan umum masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang tinggal di perkotaan. Kebiasaan ini terutama mulai meningkat ketika pandemi COVID-19 melanda.
Menurut laporan State of Mobile 2022, orang Indonesia menghabiskan 5,56 miliar jam untuk membuka aplikasi belanja online pada 2021 lalu. Total jam per tahun tersebut meningkat drastis hingga 52 persen dari sebelumnya yaitu 3,65 miliar jam, pada 2020.