Startup Pilihan KemenkopUKM Tembus 1 Juta Pengguna

Ilustrasi perusahaan startup
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Keberadaan startup di Indonesia terbukti bisa membawa perubahan yang positif, serta membantu pemerintah untuk memulihkan ekonomi nasional.

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

Salah satu contohnya yakni aplikasi kasir atau point of sale (POS) yang berfokus dukung Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Qasir yang kini telah mencapai satu juta pengguna yang tersebar di seluruh Indonesia dan beberapa negara di Asia Tenggara.

Dalam waktu kurang dari setahun, mereka juga sudah mencatat pertumbuhan lebih dari 500 ribu pengguna dengan total transaksi yang tercatat mencapai hampir Rp30 triliun.

Angin Segar untuk Startup Pemula

Pencapaian ini juga dibarengi dengan lahirnya beberapa fitur baru yang sangat berguna untuk pemilik usaha food and beverages, seperti fitur Kelola Bahan Baku, Self Order dengan QR Code dan Table Management.

Ilustrasi nongkrong di kafe/kedai kopi.

Photo :
  • Pixabay/Pexels
Ribuan Produk Kerajinan RI Bakal Banjiri Pasar Kanada

“Bahkan bukan hanya melalui teknologi, kami juga secara bertahap sudah mulai membuat Qasir sebagai ekosistem dagang bagi UMKM agar mampu bersaing di era digital ini,” ujar Co-Founder sekaligus President Qasir, Rachmat Anggara melalui keterangan resmi, dikutip Senin 9 Mei 2022.

Mereka telah bekerja sama dengan 76 komunitas usahawan di seluruh Indonesia. Kerja sama ini meliputi edukasi, pendampingan hingga financing, yang tujuan akhirnya mendorong usahawan mikro dan kecil agar mampu bersaing di era modern sekarang ini.

Beberapa waktu lalu, Qasir juga telah dipilih oleh Kementrian Koperasi dan UKM untuk menjadi salah satu platform dalam integrasi data UMKM Indonesia.

Tak hanya sampai di situ saja, Qasir juga sedang menjalin kerja sama dengan tiga kementerian lainnya, yakni Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Kementerian Perdagangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya