Grab Siap Hadapi Krisis

Grab dan BSSN.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Grab dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengumumkan kerja sama untuk meningkatkan pengetahuan dan pengembangan sumber daya manusia terkait keamanan siber, khususnya mitra pengemudi dan merchant Grab.

Viral Curhat Penumpang Dipaksa Transfer Uang Rp100 Juta oleh Driver Taksi Online

Kolaborasi ini juga mencakup diskusi dalam rangka penyusunan kebijakan perlindungan informasi dan keamanan siber di Tanah Air.

"Kami dalam melaksanakan tugas BSSN harus mempunyai strategi. Khusus untuk masalah perlindungan infrastruktur informasi vital nasional, sudah termasuk Grab di dalamnya, ini harus kita lindungi supaya proses bisnisnya agar berjalan dengan aman dan lancar. Jika suatu saat terjadi krisis maka kita sudah menyiapkan bagaimana manajemen krisis siber nasional," kata Kepala BSSN Hinsa Siburian, melalui keterangan pers, Rabu, 18 Mei 2022.

Menuju IKN Cerdas: BSSN-Huawei TechDay 2024 Perkuat Ekosistem Digital Indonesia

Lebih lanjut, perkembangan ekonomi digital yang pesat dan meningkatnya UMKM yang memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan usaha, mendorong kolaborasi perdana antara Grab Indonesia dan BSSN untuk semakin melindungi para pelaku ekonomi digital dari kejahatan siber.

"Pemanfaatan teknologi juga perlu dilengkapi dengan pemahaman terhadap literasi digital, khususnya untuk mitra pengemudi dan mitra merchant kami, yang merupakan bagian dari garda terdepan Grab," kata President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata.

Ketua KPU Buka Suara soal Isu Aplikasi Sirekap Terafiliasi dengan Alibaba

Ia berharap melalui kolaborasi yang mengusung semangat GrabForGood untuk membawa dampak positif dari teknologi, sehingga dapat terus meningkatkan kesadaran literasi terhadap keamanan siber sehingga setiap orang bisa berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi digital dengan lebih aman.

Dengan memanfaatkan akses dan jaringan yang luas di Indonesia, Grab juga mendukung BSSN untuk kegiatan edukasi terkait keamanan siber kepada masyarakat Indonesia, termasuk mitra merchant dan mitra pengemudi Grab agar terhindar dari serangan siber.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya