Jayapura Jadi Daerah Pengiriman Terjauh Tokopedia

Tokopedia.
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – Platform e-commerce Tokopedia mencatat sejumlah tren belanja pada kuartal I 2022. Mulai dari kategori atau produk terlaris, pengiriman terjauh, hingga wilayah dengan kenaikan transaksi paling tinggi.

Kado Pernikahan Peralatan Rumah Tangga buat Sahabat, Pasti Bermanfaat

“Kami mencatat bahwa Rumah Tangga, Kesehatan, Makanan dan Minuman, Elektronik, dan Fesyen menjadi beberapa kategori yang paling dicari masyarakat di kuartal pertama,” kata Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya, Kamis, 19 Mei 2022.

Pada kategori Rumah Tangga, produk yang paling laris antara lain bantal kepala, stop kontak, dan benih/bibit tanaman. Sementara di kategori Kesehatan, produk seperti masker kesehatan, masker sekali pakai, serta obat herbal menjadi yang paling banyak dicari.

DJKI - Tokopedia Bantu Kembangkan Usaha Produk Indikasi Geografis

Di kategori Makanan dan Minuman, minyak goreng, mie instan serta buah-buahan adalah beberapa produk paling laku. Pada kategori Elektronik, produk-produk seperti earphone, bohlam lampu, serta speaker menjadi produk paling banyak dibeli.

Di sisi lain, produk kaos, sandal, serta sneakers jadi yang terlaris dicari masyarakat pada kategori Fesyen Pria. Untuk kategori Fesyen Wanita, sandal, tas selempang, dan daster menjadi produk yang paling laris.

Biaya Layanan Tokopedia Naik 9 Hari Lagi

Menurut Ekhel, tren belanja turut didorong oleh deretan inisiatif, seperti Home Living SALEbrations untuk kategori Rumah Tangga dan Tokopedia Peduli Sehat yang bekerja sama dengan pegiat usaha di industri kesehatan.

Inisiatif lainnya juga termasuk Tokopedia NOW! untuk kategori Makanan dan Minuman, Tokopedia Tekno untuk kategori Elektronik, serta Women in Style dan Cantik Fest untuk kategori Fesyen.

Ekhel mengaku juga melihat temuan menarik lainnya dari perilaku belanja masyarakat. Ia pun mencatat pengiriman terjauh di Tokopedia, yaitu dari Pekanbaru ke Jayapura di Papua.

“Pengiriman antar-pulau pun semakin meningkat di kuartal I 2022, dengan peningkatan paling tinggi sebesar hampir 65 kali lipat untuk pesanan dari Sulawesi ke Papua,” tutur Ekhel.

Selain itu, Tokopedia juga mencatat beberapa tren pada inisiatif Hyperlocal di kuartal I 2022 dibandingkan periode yang sama pada 2020.

Sebagai informasi, Hyperlocal merupakan bentuk dukungan yang diberikan Tokopedia terhadap UMKM lokal di seluruh wilayah Indonesia. Inisiatif ini mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, misalnya lewat kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP).

Melalui inisiatif Hyperlocal, Tokopedia mencatat wilayah dengan kenaikan jumlah penjual paling tinggi antara lain Tanjung Pinang, Pekalongan, Gowa, Gianyar, dan Lampung Selatan.

Sementara itu, wilayah-wilayah seperti Asmat, Halmahera Utara, Probolinggo, Jepara, dan Kepulauan Selayar menjadi wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli paling tinggi. Tanjung Balai, Serang, Banyuasin, Karangasem, dan Gorontalo masuk ke dalam wilayah dengan kenaikan transaksi paling tinggi di Tokopedia Hyperlocal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya