Peluang Startup Lokal Gaet Investor Global

Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan.
Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Agus Tri

VIVA – Laporan Startup Ranking menyebut, jumlah startup di Indonesia mencapai 2.364 pada 2022, sehingga berada di peringkat kelima dunia setelah AS, India, Inggris, dan Kanada.

Melihat potensi yang konkret, tidak heran jika startup digital dalam negeri terus didorong untuk melakukan ekspansi keluar dan mendapatkan jangkauan dari investor global.

Selaras dengan tujuan dan target tersebut, Direktorat Ekonomi Digital, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Ditjen Aptika Kominfo) menggelar konferensi dan pertemuan bisnis dalam Hub.Id Summit 2022 yang akan dilaksanakan pada 05–06 September di Bali.

Sebelumnya, Kominfo telah berhasil menjalankan program Hub.Id Accelerator dengan memfasilitasi 43 startup digital dengan fokus kepada sejumlah rangkaian business matchmaking pada tahun lalu.

Direktur Jenderal Aptika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan program yang dimaksudkan mendorong pertumbuhan dan peningkatan skala bisnis startup ini melahirkan tiga startup lulusan.

"Tiga startup ini sekarang sudah mendapat pendanaan dan menciptakan lebih dari 100 potensi kerja sama bisnis baru dengan melibatkan 47 mitra yang tergabung dalam jejaring Hub.Id," kata dia, dalam konferensi pers virtual, Kamis, 19 Mei 2022.

Oleh karena itu, Hub.Id Summit 2022 yang akan dilaksanakan beberapa bulan mendatang diyakini mampu menciptakan peluang lebih tinggi bagi para startup dalam negeri untuk mendapatkan investor skala global.