Peran Besar Blockchain di Industri 4.0

Ilustrasi teknologi Blockchain.
Ilustrasi teknologi Blockchain.
Sumber :
  • Institut Friedland

VIVA – Chief Executive Officer Indodax, Oscar Darmawan menilai teknologi blockchain memiliki penerapan yang luas dan peran yang sangat penting, khususnya pada masa industri 4.0.

Menurut Oscar dalam keterangannya di Jakarta, dikutip Sabtu 21 Mei 2022, era industri 4.0 adalah era yang didirikan melalui integrasi antar teknologi dan sangat mengedepankan transparansi.

Blockchain merupakan sebuah buku besar yang mana di dalamnya terdapat catatan historis sebuah data dan bersifat transparan.

"Dengan adanya teknologi blockchain, bukan tidak mungkin ini bisa turut memajukan industri di Indonesia. Sifatnya yang bisa diterapkan di banyak sektor, aman karena memiliki proteksi yang tinggi dan sistem yang immutable (tetap dan tidak bisa diubah), efisien karena sistemnya yang terdesentralisasi, transparan, serta traceable dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat," ujarnya.

Ilustrasi Blockchain dan keamanan data.

Ilustrasi Blockchain dan keamanan data.

Photo :
  • IBM

Teknologi blockchain bisa digunakan di berbagai macam industri, misalnya dalam industri perbankan yang bisa diterapkan untuk transaksi perbankan antar negara sehingga bisa lebih efisien dan murah, serta sektor pemerintahan untuk digitalisasi pencatatan dokumen kependudukan atau pencatatan bukti kepemilikan tanah dan properti.

"Tidak hanya itu, blockchain juga bisa diterapkan untuk sektor IoT seperti mobil self driving, sektor kesehatan untuk pencatatan rekam medis pasien sehingga ketika pasien berobat di rumah sakit yang berbeda, datanya bisa tercatat karena sistem blockchain yang terdesentralisasi ataupun sektor seni dalam bentuk NFT," kata Oscar.