'Perang' E-Commerce Tokopedia, Shopee dan Lazada, Siapa Jawara?

E-commerce.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA – Ramadhan merupakan bulan berbelanja online paling tinggi dalam budaya masyarakat Indonesia. Maraknya kemeriahan serta antusiasme yang tinggi dari masyarakat dalam berbelanja online terlihat sejak momen menjelang Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

Shopee Tawarkan Program Garansi Tepat Waktu, Begini Cara Klaimnya

Hal ini menjadi momen penting bagi semua pemain e-commerce. Terlihat persaingan sengit antar e-commerce selama Ramadhan.

Mulai dari ragam inovasi, fitur menarik, hingga promo terbaik. Snapcart melakukan riset konsumen untuk mengetahui tren perilaku masyarakat dalam berbelanja online selama 3 bulan terakhir yang didalamnya meliputi Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Riset dilakukan dengan metode online yang diikuti oleh 1.000 responden dari usia 20-35 tahun, yang tersebar di berbagai area di Indonesia.

Dalam risetnya menunjukkan bahwa 77 persen konsumen di Indonesia mengaku Shopee merupakan merek yang paling diingat atau menjadi 'Top of Mind' saat ingin berbelanja kebutuhan keluarga maupun individu selama masa persiapan hingga selama Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Posisi ini diikuti Tokopedia 18 persen dan Lazada 4 persen. Situs belanja online lain yang juga disebut konsumen adalah Bukalapak, Blibli, dan JD.ID.

"Kami melihat Shopee paling aktif dalam memperkuat posisinya melalui berbagai program yang dihadirkan. Mulai dari iklan, acara TV, livestream, video, promo, dan kolaborasi lainnya jika dibandingkan Tokopedia dan Lazada," kata Direktur Snapcart Indonesia, Astrid Wiliandry, dalam konferensi pers virtual, Selasa, 24 Mei 2022.

Hal ini, lanjut dia, menjadi salah satu alasan kuat menjadikan Shopee unggul dalam penilaian merek yang paling diingat selama Ramadhan dengan presentase yang cukup signifikan.

Menurut Astrid, hampir semua responden mengaku turut berpartisipasi aktif dan telah memanfaatkan berbagai program spesial Ramadhan yang disajikan oleh situs-situs online untuk memenuhi kebutuhan.

Dari survei tersebut, terdapat tiga program yang paling diminati oleh responden. Shopee Big Ramadan Sale merupakan program yang paling diminati di mana 88 persen responden mengaku turut berbelanja dan memanfaatkan promo serta hiburan yang dihadirkan e-commerce asal Singapura ini.

Lalu, diikuti 41 persen belanja di Tokopedia Ramadan Ekstra, 19 persen berbelanja di Lazada Ramadan Festival, dan 3 persennya lain-lain.

Bukan itu saja. Astrid melihat Ramadhan banyak mengubah kecenderungan perilaku sebagian besar masyarakat Indonesia, di mana justru banyak yang lebih aktif pada malam daripada siang hari. Perubahan perilaku ini juga terlihat dalam kebutuhan mereka dalam berbelanja online.

Hasil riset Snapcart menunjukkan 34 persen responden lebih suka berbelanja pada malam hari (antara pukul 18.00-24.00), diikuti 29 persen responden berbelanja pada siang hari (pukul 12.30-15.00), serta 15 persen responden suka berbelanja pas waktu ngabuburit (pukul 16.00-18.00) sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Kemudian, 14 persen responden mengaku lebih suka belanja pada pagi hari (pukul 09.00-11.00), dan 8 persen responden mengaku suka memanfaatkan waktu setelah sahur sambil menunggu subuh (pukul 03.00-06.00) untuk berbelanja online. "Ini menarik," jelas Astrid.

Ramadhan tidak lepas dari promo yang menjadi salah satu hal yang paling dicari masyarakat. "Potongan harga atau penawaran terbaik menjadi salah satu aspek yang menjadi daya tarik utama pada setiap program yang dihadirkan khususnya selama bulan puasa," paparnya.

Riset Snapcart menyebut sebanyak 74 persen responden mengaku mengetahui program Shopee-Gratis Ongkir Rp0 Semua Toko. Lalu, 48 persen responden mengetahui program Shopee-Cashback 50% 5 Waktu, dan 61 persen mengetahui program Shopee Serba Seribu.

Diikuti dengan program-program promo lain yang diketahui oleh responden, seperti Tokopedia-Cashback Sebar Kumpul Untung Ramadan Ekstra (26 persen), Tokopedia-Flash Sale Ramadan Ekstra Diskon Kilat (38 persen), Lazada-Gratis Ongkir Ramadan Festival (19 persen), dan Lazada-Diskon Langsung Ramadan Festival (15 persen).

"Kami melihat aspek yang membuat masyarakat untuk memilih destinasi belanja online dipengaruhi oleh banyak hal, seperti promo, pilihan produk yang ditawarkan, hingga fitur hiburan. Hal inilah yang membuat nilai saing Shopee kuat selama bulan Ramadhan," ujar Astrid.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya