Ranah Digital Bukan Pilihan, tapi Gaya Hidup

Digitalisasi.
Sumber :
  • INSEAD Knowledge

VIVA – Digitalisasi membantu sistem pengadaan dan pengiriman menjadi lebih sederhana dan terintegrasi. Perusahaan perlu memiliki sistem manajemen transportasi yang berjalan beriringan dan mensinergikan perencanaan permintaan hulu dengan proses pemenuhan transportasi. Jika ada gangguan rantai pasokan, maka semua aspek akan terpengaruh.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Promosi Budaya Indonesia Lewat Konten Digital"

Menurut Pendiri dan Kepala Eksekutif Kargo Technologies Tiger Fang, kargo berada pada titik temu antara logistik dan teknologi dengan visi membangun infrastruktur digital untuk industri logistik di Indonesia.

"Kami tentu sangat antusias dalam membangun ekosistem yang memberikan kemudahan kepada klien yang membutuhkan dengan merampingkan lanskap logistik dan transportasi di Indonesia melalui teknologi," kata dia, Kamis, 23 Juni 2022.

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas

Fang melanjutkan jika pandemi COVID-19 telah mengajarkan bahwa berpindah ke ranah digital bukan lagi sebuah pilihan, melainkan sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup.

"Kami tidak ingin ada industri yang tertinggal," tegasnya. Untuk itu, marketplace logistik Kargo Technologies memperkenalkan aplikasi KargoNexus yang menyediakan akses terintegrasi tanpa batas ke pengirim barang untuk shipper, pengangkut, dan pengemudi.

PT BMI Ajukan PK Kasus Sengketa Lahan ke MA, Minta Eksekusi Ditunda

Platform ini diperkuat oleh sistem operasi utama untuk logistik di Indonesia, dan pemenuhan truk dengan akses ke lebih dari 8 ribu operator dan 75 ribu lebih banyak truk di seluruh negeri.

KargoNexus menyediakan solusi komprehensif untuk mengelola rantai pasokan dan aktivitas logistik. Solusi tersebut memiliki sistem yang lengkap dan terintegrasi dari manajemen pengiriman first mile, mid mile, hingga last mile, pemilihan vendor/transporter, pemantauan pengiriman hingga kinerja berbasis data digital.

"Kami juga membantu membuat keputusan bisnis yang akurat melalui laporan analisis data yang komprehensif. Misalnya, perusahaan dapat menentukan volume alokasi pengiriman ke pengangkut berdasarkan data kinerja di lapangan agar tetap selaras dengan tujuan bisnis perusahaan," jelas Fang.

Aplikasi KargoNexus juga diminati Danone-Aqua. Dengan kolaborasi ini, maka Kargo Technologies telah membantu transformasi digital sistem logistik dan rantai pasokan perusahaan FMCG (Fast Moving Consumer Good) raksasa asal Prancis tersebut.

Danone juga sudah mengimplementasikan KargoNexus dalam membantu mengontrol dan menjamin proses pengiriman barang secara efektif dan efisien di tahun ini.

"Salah satu tantangan utama yang kami hadapi di lapangan adalah banyaknya waktu dan perencanaan yang dibutuhkan untuk berkoordinasi antara vendor dan driver. Berkat adanya KargoNexus, kini, kami tidak perlu lagi mengejar-ngejar penyedia truk lewat telepon atau email," tutur Danone Cycles and Procurement Sr Manager Logistics, Muhammad Riefqi.

Menurutnya, kehadiran KargoNexus memberikan kemudahan dalam proses logistik. Dengan adanya KargoNexus membuat Danone-Aqua dapat memesan truk dengan lebih mudah, mendapatkan gambaran harga dengan instan, serta melakukan lelang digital untuk memastikan pemenuhan order melalui private bidding.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya