PHK Massal Karyawan, Netflix Mengaku Sedih

Pendiri dan Kepala Eksekutif Netflix, Reed Hastings.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lazuardhi Utama

VIVA – Kabar pemutusan hubungan kerja atau PHK massal di perusahaan rintisan atau startup kembali bergaung. Kali ini, datang dari platform streaming film asal Amerika Serikat (AS), Netflix. Mereka memangkas 300 karyawan sebagai bagian dari PHK massal putaran kedua.

Khawatir Timbul Badai PHK, Ribuan Buruh Rokok Tolak Kenaikan Cukai SKT 2025

Netflix sebelumnya telah memberhentikan 150 karyawan dan puluhan kontraktor pada Mei tahun ini. PHK massal berdampak pada banyak tim yang berbeda dan sebagian besar pekerjanya di Negeri Paman Sam. PHK massal juga turut berpengaruh di luar pasar AS, menurut Juru Bicara Netflix Bao Nguyen, mengutip The Verge, Jumat, 24 Juni 2022.

"Kami sangat sedih melepas sekitar 300 karyawan. Sementara kami terus berinvestasi secara signifikan dalam bisnis ini maka kami membuat penyesuaian sehingga biaya kami tumbuh sejalan dengan pertumbuhan pendapatan kami yang lebih lambat," klaim dia.

Ahok Sebut Gaji Ideal Warga yang Tinggal di Jakarta Minimal Rp 5 Juta

Apa yang dilakukan Netflix ini adalah putaran terakhir PHK massal setelah laporan pendapatan kasar pada kuartal pertama tahun ini, di mana mereka mengumumkan pertumbuhan pendapatan melambat dan kehilangan pelanggan untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade.

Meski begitu, Nguyen menolak berkomentar apakah Netflix merencanakan PHK massal putaran ketiga dalam waktu dekat. Akan tetapi, duo pendiri Netflix, Reed Hastings dan Ted Sarandos, mengisyaratkan bahwa mereka berencana untuk kembali ke jalur bisnis yang lebih normal ke depannya.

AirAsia Indonesia Bukukan Pendapatan Rp 6,62 Triliun pada Tahun 2023
PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) [dok. IWIP]

Kasih Ruang Karier dan Promosikan Puluhan Ribu Karyawan, Intip Strategi IWIP

PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) menegaskan komitmen untuk selalu memberikan kesempatan dan ruang bagi karyawan yang ingin belajar, hingga berkembang maju.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024