Begini Caranya Mendorong UKM Jadi Korporasi

Startup.
Sumber :
  • Founder Institute

VIVA – Asiavesta Strategic Investment merupakan brand dari PT Asia Intrainvesta sebuah perusahaan yang didirikan oleh Ahmad Sadat pada 2008.

Coldspace Hadirkan Teknologi Hybrid Cold Fulfillment Warehouse Pertama di Indonesia

Asiavesta merupakan investment holding yang fokus berinvestasi pada perusahaan kecil/menengah yang sudah mapan, memiliki bisnis yang kuat dan unik, potensi pertumbuhan dan dampak yang besar, serta ingin bertransformasi menjadi korporasi dengan cara anorganik.

Asiavesta secara resmi melakukan rebranding menjadi Asiavesta Strategic Investment. Nama dan logo baru Asiavesta Strategic Investment mencerminkan penekanan sebagai investor strategis, yang akan menjadi mitra strategis yang membantu restrukturisasi perusahaan investee secara holistik.

Dari Dokter Hingga Pengusaha, Perjalanan Inspiratif Daniel Tanri Rannu

Dengan begitu, Asiavesta siap untuk menjadi korporasi menegah atau besar dan atau go public dalam waktu kurang dari 3 tahun.

Visi dari Asiavesta Strategic Investment adalah menjadi investor yang dapat diandalkan investee dan dipercaya investor lainnya.

LPEI Bakal Luncurkan E-Commerce Serupa Amazon-Alibaba, UKM RI Bersiap Ekspansi ke Pasar Global

Untuk mencapai visi tersebut, perusahaan memiliki misi sebagai investment holding yang berinvestasi pada usaha kecil dan menengah (UKM) yang sudah mapan, memiliki bisnis yang kuat dan unik, potensi pertumbuhan dan dampak yang besar, serta ingin bertransformasi menjadi korporasi dengan cara anorganik.

Sampai saat ini Asiavesta sudah berinvestasi di banyak perusahaan dengan sektor industri yang beragam di antaranya di sektor agribisnis, properti, developer, hospitality, dan food manufacturing.

Salah satu investee Asiavesta adalah PT Idea Indonesia Tbk yang menerima investasi dari Asiavesta pada 2019 dan saat ini sudah menjadi perusahaan publik dengan kode saham IDEA.

Asiavesta saat ini sedang memproses dua investee-nya untuk IPO tahun ini, satu investee developer property dan satu investee food manufacturing.

"Asiavesta fokus berinvestasi di perusahaan kecil dan menengah untuk kemudian ditransformasikan menjadi korporasi dan IPO di bursa saham. Kami sudah memiliki satu investee yang sudah IPO dan sedang memproses dua investee kami untuk IPO di tahun ini," kata President Asiavesta Ahmad Sadat, Selasa, 5 Juli 2022.

Dalam mendorong UKM menjadi korporasi, Asiavesta Strategic Investment memberikan edukasi terkait apa saja keuntungan yang didapat.

- Memperkuat struktur/kinerja,
- Akses pendanaan yang lebih luas,
- Peluang mendapatkan mitra usaha strategis,
- Profesionalisme dan kualitas karyawan,
- Memastikan keberlangsungan usaha dalam jangka panjang,
- Bisa diwariskan dalam bentuk saham perusahaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya