2 Startup Siap Terbang ke Mars di 2024, Mau Langkahi SpaceX Elon Musk

Planet Mars dan Bumi.
Planet Mars dan Bumi.
Sumber :
  • The Mirror

VIVA Tekno – Dua perusahaan rintisan atau startup luar angkasa asal California, Amerika Serikat (AS), Relativity Space dan Impulse Space, mengumumkan kerja sama mereka untuk meluncurkan misi komersial pertama ke Mars pada 2024.

Hal ini menunjukkan bertahun-tahun sebelum perjalanan potensial pertama yang akan dilakukan oleh perusahaan teknologi luar angkasa besutan Elon Musk, SpaceX yang dikenl memiliki rencana jangka panjang untuk membangun pemukiman manusia di Planet Merah tersebut.

Nantinya, Relativity Space akan menyediakan Roket Terran R cetak 3D yang dapat digunakan untuk peluncuran misi, sementara Impulse Space akan menyediakan Mars Cruise Vehicle dan Mars Lander untuk menempatkan peralatan di permukaan Mars.

Jika Relativity Space dan Impulse Space melakukan sesuai rencana, mereka mungkin menjadi perusahaan ruang angkasa komersial pertama yang mencapai Mars.

Namun, penting untuk dicatat bahwa tidak masih belum ada perusahaan yang berhasil menempatkan muatan tunggal ke luar angkasa hingga saat ini.

Adapun, Relativity Space telah didirikan pada 2015 dan sejak saat itu, perusahaan ini telah memelopori penggunaan printer 3D logam untuk memproduksi badan pesawat dan mesin roketnya, pendekatan manufaktur yang diklaim Relativitas mengurangi kompleksitas rantai pasokan dan jadwal pengembangan.

Selain itu, perusahaan Relativity Space ini juga tengah mengoperasikan atau sedang mengembangkan beberapa fasilitas peluncuran dan infrastruktur terkaitnya di beberapa instalasi milik Angkatan Udara AS dan NASA.