Driver Ojol akan Digaji Bulanan dan Diangkat jadi Karyawan

Ilustrasi dua orang pengemudi ojek online (ojol) berbincang di Jalan.
Ilustrasi dua orang pengemudi ojek online (ojol) berbincang di Jalan.
Sumber :
  • vstory

VIVA Tekno AirAsia baru-baru ini mengumumkan bahwa semua kurir pengantaran makanan, penumpang maupun pengiriman akan segera dipekerjakan sebagai karyawan penuh waktu.

Menurut pernyataan resmi, perusahaan yang dipimpin oleh Tony Fernandes ini mengatakan bahwa pengemudi akan menerima manfaat berupa EPF (tabungan pensiun), Socso (asuransi kecelakaan), cakupan medis dan cuti tahunan.

Perusahaan juga mengklaim bahwa ojek online atau ojol akan menerima jaminan pendapatan hingga RM3.000 atau Rp10 juta setiap bulan. Ojek online juga bisa mendapatkan insentif tambahan berdasarkan kinerja.

"Kami tidak percaya pada staf kontrak dan sekarang akan bergerak mempekerjakan semua pengendara sebagai karyawan penuh waktu," ujar Fernandes selaku CEO Capital A.

Menurutnya para driver akan menerima manfaat yang sama yang diterima setiap Allstar, di atas manfaat luar biasa dari masing-masing AirAsia Food dan AirAsia Xpress, menurut situs The Star, Rabu, 10 Agustus 2022.

Menurut rincian formulir pendaftarannya, pengendara baru yang bergabung sebagai pengendara penuh waktu akan menjalani masa percobaan tiga bulan.

Posisi saat ini yang tersedia berada di Lembah Klang dan Penang, Malaysia. Ini juga menawarkan opsi bagi pengendara untuk bergabung sebagai pekerja lepas (freelance) di mana mereka akan dibayar sesuai dengan perjalanan.