Konsumen Pilih Fintech ketimbang Teknologi AR, VR dan Blockchain

Fintech.
Sumber :
  • Erpinnews

VIVA Tekno – Digitalisasi telah merambah dalam seluruh aspek kehidupan. Dahulu masyarakat mengenal konsep perkembangan teknologi dan digital hanya sebatas munculnya internet dan media sosial untuk sebuah hiburan saja.

Penyanyi Hizrah yang Sempat Viral Kini Sukses Jadi Milyarder di Bisnis Herbal

Kendati demikian, pada era kekinian, hadirnya platform digital memudahkan masyarakat untuk transaksi jual beli barang. Adanya perkembangan dan inovasi teknologi yang pesat juga dirasakan manfaatnya oleh konsumen properti di mana dapat membantu mereka untuk memiliki hunian.

Rumah.com, anak perusahaan teknologi properti asal Singapura, PropertyGuru, ini mengungkap bagaimana sentimen konsumen Indonesia terhadap pasar properti nasional semakin positif.

Miliarder di Vietnam Dijatuhi Hukuman Mati Gegara Menipu Bank Rp 697 Triliun

Pernyataan tersebut dituangkan melalui survei bertajuk 'Rumah.com Consumer Sentiment Survey H2 2022', yang menunjukkan bahwa 51 persen responden sepakat jika kehadiran teknologi keuangan atau fintech dapat membantu mereka memiliki properti.

Responden menganggap fintech sebagai teknologi baru yang siap untuk membantu orang-orang dalam kepemilikan properti.

Hubungan dengan Rizky Irmansyah Diduga Kandas, Nikita Mirzani Sibuk Sama Cowok Lain di Bali?

Fintech juga diklaim membantu mereka untuk mengetahui nilai cicilan secara digital, harga, dan diskon sehingga akan memudahkan untuk membeli properti.
Inovasi teknologi lainnya yang dianggap bisa membantu masyarakat memiliki rumah adalah digital housing societies dan sharing economy sebagaimana dinyatakan oleh 41 persen responden survei.

Sedangkan teknologi augmented/virtual reality (AR/VR) dan Blockchain masing-masing hanya dinyatakan oleh 29 persen dan 10 persen responden saja yang menganggap bisa membantu memilki rumah.

"Kehadiran inovasi teknologi yang muncul seperti fintech, digital housing societies, platform agregasi properti, dan AR/VR dipandang oleh beberapa konsumen bisa membantu dalam memiliki properti. Sementara kurang dari 1 dari 6 konsumen tidak berpikir bahwa teknologi baru tersebut dapat membantu mereka memiliki properti," kata Country Manager Rumah.com Marine Novita, Senin, 19 September 2022.

Rumah.com Consumer Sentiment Study adalah survei berkala dilakukan dua kali dalam setahun oleh Rumah.com sebagai portal properti terdepan di Indonesia bekerja sama dengan lembaga riset Intuit Research, Singapura untuk mengetahui dinamika pasar properti Tanah Air. Survei kali ini berdasarkan 1.000 responden dari seluruh Indonesia yang berlangsung pada Juni hingga Juli 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya