GoTo Financial Kini Diperkuat Tokoscore

GoTo
Sumber :
  • Dok: GoTo

VIVA Tekno – Lini bisnis layanan keuangan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, yaitu GoTo Financial kini diperkuat dengan kehadiran Tokoscore sebagai perusahaan penyedia layanan Innovative Credit Scoring, yang bukan hanya mendukung ekosistem eksisting namun juga mendatangkan sumber pendapatan baru dari luar ekosistem.

Daftar Harga HP Infinix per 6 April 2024

Analis Investindo Nusantara Sekuritas, Pandu Dewanto, mengatakan Tokoscore yang terafiliasi dengan Tokopedia dan tercatat serta diawasi Otoritas Jasa Keuangan merupakan salah satu pondasi bisnis GoTo Financial sekaligus diferensiasi sumber pendapatan bagi GoTo.

Selain bermanfaat bagi industri keuangan secara umum, layanan ICS dari Tokoscore juga akan memperkuat layanan keuangan dalam ekosistem GoTo Financial. Saat ini, Tokoscore telah digunakan oleh Findaya yang merupakan bagian dari GoTo Financial dan pemegang lisensi dari produk GoPayLater dan GoModal.

TikTok-Tokopedia Integration System Completed

”Hal ini tentu dapat membantu para mitra fintech terutama GoTo Financial dengan produk GopayLater dan GoModal-nya untuk meningkatkan penyaluran kredit yang lebih optimal dan menekan tingkat NPL sehingga dapat mendongkrak profitabilitas,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Rabu 21 September 2022.

GOTO

Photo :
  • fimela.com
Integrasi TikTok Shop-Tokopedia Rampung, Kemendag Pastikan Awasi Ketat Transaksi

Sedangkan untuk kepentingan industri keuangan secara umum, layanan Tokoscore sangat dibutuhkan untuk pelaku industri keuangan mulai dari perbankan, multifinance, sampai financial technology (fintech). Terutama dalam rangka mitigasi risiko Non Performing Loan (NPL) sebab daya jangkaunya bukan hanya kepada masyarakat yang sudah masuk radar institusi keuangan formal (Bankable) namun juga mampu memberikan data skor untuk masyarakat yang masih dalam kategori unbanked dan underbanked.

”Pengaruhnya untuk peningkatan pendapatan seharusnya positif, karena peminjam akan lebih transparan sehingga diharapkan semakin mudah untuk menjangkau calon klien,” tuturnya.

Apalagi saat ini menurut data Bank Dunia, Indonesia menduduki urutan keempat di dunia dalam hal jumlah masyarakat yang belum punya akses ke perbankan. Jumlahnya mencapai 95 juta penduduk dewasa Indonesia yang tidak memiliki rekening di institusi keuangan.

Tokoscore juga didukung oleh database yang sangat besar dari ekosistem GoTo yang berada di satu perusahaan, sehingga memungkinkan untuk memperkirakan kemampuan finansial dan profil risikonya secara lebih hemat, presisi, dan kredibel.

fEUQiXDr4gs

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya