Bakrie Group Dukung Kreativitas dan Inovasi Anak Muda

Ilustrasi startup unicorn.
Sumber :
  • www.pixabay.com/geralt

VIVA Tekno – Bakrie Group menyelenggarakan kompetisi I-Start dalam rangka mendorong kreativitas dan inovasi anak muda Indonesia. Ini merupakan upaya mereka dalam memfasilitasi inisiatif generasi muda Indonesia, untuk berkontribusi dalam memecahkan persoalan masyarakat di berbagai sektor.

Coldspace Hadirkan Teknologi Hybrid Cold Fulfillment Warehouse Pertama di Indonesia

Berangkat dari komitmen Bakrie Group untuk mendukung generasi Indonesia dalam membangun negeri dan tingginya semangat anak muda untuk membangun startup rintisan, kompetisi I-Start menawarkan solusi bagi anak muda untuk mendapatkan kesempatan mengembangkan startup mereka.

Berdasarkan data Startup Ranking 2021, Indonesia menduduki peringkat ke-5 sebagai negara dengan jumlah Startup terbanyak di dunia. Saat ini kurang lebih terdapat 2.305 perusahaan rintisan di Indonesia dengan total 8 startup yang telah menjadi unicorn. 

Dari Dokter Hingga Pengusaha, Perjalanan Inspiratif Daniel Tanri Rannu

Angka tersebut menunjukan bahwa geliat startup dan antusiasme anak muda dalam berkreativitas di era digital sangat tinggi. Dalam penelitian berjudul Factors Affecting Startup Innovation and Growth pada tahun 2018, sektor pendanaan memiliki kontribusi yang besar terhadap inovasi yang diusung oleh pelaku startup. 

Namun karena masih minimnya akses, pendanaan menjadi masalah utama yang masih sering ditemui ketika anak muda ingin merintis startup di Tanah Air.

Sinar Mas Land Melalui Digital Hub bersama Xendit Gelar DNA VC Startup Connect

Anindya Bakrie at the Signing MoU of Transportation Electrification

Photo :
  • Arianti Widya

"Kami terinspirasi dari semangat dan inisiatif anak muda Indonesia dalam usaha untuk membangun negeri. Melalui kompetisi I-Start ini, besar harapan kami agar dapat memfasilitasi ide serta terobosan anak muda yang dituangkan dengan merintis sebuah startup," ujar CEO dan Presiden Direktur PT. Bakrie & Brother Tbk, Anindya Novyan Bakrie, Selasa, 27 September 2022.

Anindya percaya, dengan antusiasme yang tinggi, generasi muda memerlukan dukungan agar ide dan inovasi dapat terealisasikan. Dengan dukungan pendanaan dan menghadirkan mentoring secara intensif, Anindya percaya anak muda akan memegang peranan penting dalam pembangunan negeri di masa depan.

Startup mengajukan proposal ide yang berasal dari berbagai macam sektor untuk memudahkan hidup orang banyak melalui inovasi dan terobosan baru yang berbasis teknologi.

Ilustrasi startup.

Photo :
  • Pixabay

10 sektor yang menjadi kategori inovasi yaitu energi terbarukan, industrialisasi, digitalisasi, infrastruktur teknologi, media, agrobisnis, properti, telekomunikasi, kesehatan, dan pendidikan.

Kompetisi dimulai sejak 20 Mei hingga 10 Juni 2022. Bakrie Group telah mengantongi 20 nama semi finalis yang akan berkompetisi pada Rabu besok, 28 September 2022 yang berlokasi di Bakrie Tower, Jakarta.
 
Kemudian akan dipilih 10 finalis yang berkompetisi pada Kamis, 29 September 2022. Lalu akan dikurasi menjadi tiga startup di mana 3 pemenang mendapat pendanaan dengan total Rp150 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya