Data Shopee Diduga Bocor dan Diobral di Forum Hacker

Logo Shopee - Kantor Shopee
Sumber :
  • Antara

VIVA Tekno – Data pelanggan Shopee Indonesia diduga bocor dan diobral di BreachForums.

2 Sektor di Indonesia Jadi Sasaran Empuk Ransomware, Temuan Unit 42

Laporan ini diungkapkan pertama kali oleh akun Twitter @FalconFeedsio yang membagikan tangkapan layar data konsumen Shopee yang diobral di forum peretas.

Melalui tangkapan layar yang dibagikan di Twitter tersebut, akun user BreachForums bernama X3N666C00N3 mengklaim telah berhasil membobol data pelanggan Shopee.

Informasi Sistem Penggajian Departemen Pertahanan Inggris Diretas

Melalui cuitannya tersebut, disebutkan bahwa sekitar 200 ribu data yang termasuk di dalamnya nama, nomor kontak, kode pos, dan alamat.

Melalui cuitan tersebut juga, mereka membagikan tabel yang menyerupai sampel data yang ditutupi pada bagian data yang diduga telah berhasil dibobol tersebut.

TOZO Memperkenalkan Deretan Produk Inovatif Terbaru: TOZO Open Buds Sebagai Flagship

“Indonesia's SHOPEE Costumer Data has been added in the hackers forum for sale. They claims to have more than 200K data which include Name, Contact Number, Postcode, Address.” seperti dikutip dari cuitan @FalconFeedsio.

Belakangan isu dugaan kebocoran data memang tengah marak di Indonesia, mulai dari sata pengguna Indihome, data pelanggan PLN, hingga yang teranyar data pelanggan Shopee.

Di satu sisi tidak kalah penting juga untuk diketahui, DPR melalui sidang paripurna yang digelar pada 20 September 2022 lalu, telah mengesahkan RUU PDP menjadi Undang-Undang.

Adapun, UU PDP tersebut terdiri dari 16 bab dan 76 pasal yang mengatur hal-hal mendasar untuk melindungi data pribadi individual. Mulai dari hak subjek data pribadi atau hak orang perseorangan, ketentuan pemroses data pribadi, kewajiban para pengendali, pembentukan lembaga perlindungan data pribadi, serta pengenaan sanksi diatur didalamnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya