KoinWorks Bidik 2 Juta UMKM

KoinWorks.
Sumber :
  • Dok. KoinWorks

VIVA Tekno – KoinWorks resmi menghadirkan KoinLearn – platform edukasi yang menyediakan konten video pembelajaran untuk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Melalui KoinLearn di aplikasi KoinWorks, para entrepreneur dapat mengakses materi belajar untuk mengembangkan potensi bisnisnya.

Saat ini, pemerintah sedang menargetkan sebanyak 30 juta UMKM masuk ke dalam ekosistem digital pada 2024. Tentu saja hal ini harus didukung dengan literasi keuangan dan literasi digital yang memadai bagi para UMKM.

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

Namun, hal tersebut masih menjadi kendala bagi para UMKM di mana tingkat literasi keuangan masyarakat masih tergolong rendah.

Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLIK) yang dirilis pada 2019 menunjukkan tingkat literasi keuangan di Indonesia baru mencapai 38 persen.

Angin Segar untuk Startup Pemula

Hadirnya KoinLearn diklaim dapat menjawab kebutuhan UMKM dalam meningkatkan ilmu dan kemampuan agar dapat memaksimalkan pengembangan bisnis mereka di era digital.

“KoinLearn dirancang sebagai platform belajar singkat dengan bite-sized video sekitar 2 sampai 4 menit yang sangat sesuai untuk pemilik bisnis di aplikasi KoinWorks. Kami percaya peningkatan keterampilan digital UMKM harus dijembatani dengan platform yang tepat,” ungkap Jonathan Bryan, Chief Platform Officer KoinWorks di Jakarta, Selasa, 27 September 2022.

Melalui program tersebut, KoinLearn menyediakan 70 video pembelajaran yang terbagi dalam topik strategi bisnis dan manajemen keuangan. Ia juga menekankan program KoinLearn akan menjadi bagian dari upaya pemberdayaan UMKM.

“Di KoinLearn, pelaku UMKM bisa belajar tanpa dipungut biaya dengan metode yang sesuai dengan kebutuhan, dan masih di dalam aplikasi KoinWorks. Maka dari itu, dukungan ini akan memudahkan mereka menyelesaikan berbagai pekerjaan sekaligus belajar,” tutur Jonathan. Ia berharap KoinLearn mampu membuat 2 juta pengguna KoinWorks bergabung hingga akhir tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya