Japan-Indonesia Innovation Summit 2022 Wadah Global Startup Lokal

Ajang Japan-Indonesia Innovation Summit 2022
Ajang Japan-Indonesia Innovation Summit 2022
Sumber :
  • ist

VIVA Tekno – Saat ini Indonesia menduduki negara peringkat ke-6 dengan jumlah perusahaan rintisan (startup) terbanyak di dunia dengan jumlah 2.426 yang berasal dari dalam negeri dengan menghasilkan 13 startup unicorn.

Melihat landscape ini, membuat korporasi Jepang tertarik dengan ekosistem dan potensi pendanaan pada startup Indonesia. Seperti yang diketahui, kini Jepang sebagai negara perekonomian terbesar ketiga di dunia, memiliki giant venture capital seperti Softbank, JAFCO, dan Global Brain.

Dan demi memperkuat ekosistem antara korporasi Jepang dan Indonesia, Japan External Trade Organization (JETRO) Jakarta mengambil langkah strategis menggelar Japan Indonesia Innovation Meetup 2022.

Berkolaborasi dengan Indogen Capital, acara ini mempertemukan perusahaan rintisan Jepang dan Indonesia, korporasi dan lebih dari 150 eksekutif level dari korporasi terkemuka dari Jepang dan Indonesia.

Mengusung tema “Innovation & Investment Landscape during Tough Times”, Japan Indonesia Innovation Meetup bertindak sebagai jembatan bagi komunitas startup Jepang agar dapat berkolaborasi dengan leading startup dan korporasi demi menciptakan inovasi.

Minat besar perusahaan Jepang pada startup Indonesia dapat mendukung sinergi pada bisnis mereka, begitu pula sebaliknya banyak startup Jepang dengan teknologi baru yang canggih di bidang seperti IoT, AI, dan Aerospace tertarik untuk memperluas bisnisnya ke Indonesia dan mencari partner lokal.

Acara utama berlangsung pada Rabu, 5 Oktober 2022 secara hybrid dengan 4 aktivitas sebagai kunci kolaborasi dari perusahaan Jepang dan Indonesia.