Diresmikan Joko Widodo, Kini Masyarakat Bisa Jajal IKN Virtual

Presiden Joko Widodo saat peluncuran aplikasi Jagat.io di Jakarta, Jumat, 28 Oktober 2022.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Naufal

VIVA Tekno – Aplikasi Jagat.io meluncurkan dunia virtual Ibu Kota Nusantara (IKN) bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Unik Ada Parfum dengan Teknologi AI, Ciptakan Aroma Dunia Virtual

Dunia virtual pertama IKN ini nantinya akan terhubung dengan kota nyata IKN yang pembangunannya baru akan rampung pada 2045. Peluncurannya pun dihadiri Presiden Joko Widodo.

Ratusan Kendaraan Listrik Siap Kawal HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN

Ibu Kota Negara Nusantara

Photo :
  • VIVA/Muhammad Naufal

Dalam sambutannya, Presiden mengajak generasi muda untuk membangun IKN dengan inovasi dan kreasi. “Saya mengajak generasi muda Indonesia membangun Ibu Kota Nusantara bersama-sama,” katanya, dalam acara peluncuran aplikasi Jagat.io di Jakarta, Jumat, 28 Oktober 2022.

Kereta Tanpa Rel dan Taksi Terbang Bakal Diuji Coba di IKN Juli Tahun Ini

Pada peluncuran tersebut ditayangkan video pendek yang menampilkan sosok avatar Presiden Joko Widodo yang sedang berkunjung ke IKN virtual bersama dengan sekelompok anak-anak muda.

Kota Virtual Ibu Kota Nusantara

Photo :
  • VIVA/Muhammad Naufal

Dunia virtual IKN juga dapat diakses secara gratis melalui platform Jagat yang dapat diakses melalui situs Jagat.io maupun aplikasi Jagat yang dapat diunduh pada perangkat Android maupun iOS.

Adapun, dalam membangun platformnya, Jagat mendasarkannya atas tiga pilar utama, yakni expression, creation, dan mission.

Menteri BUMN Erick Thohir di Acara Peluncuran Aplikasi Jagat.io

Photo :
  • VIVA/Muhammad Naufal

“Kami tidak terbatas hanya di ruang virtual saja. Dari objek-objek yang di-embed di sana itu bisa menjadi ruang interaksi sosial baru seperti TV. Itu bisa nobar (nonton bareng),” kata Pendiri dan Kepala Eksekutif Jagat, Barry Beagen.

Aplikasi Jagat.io

Photo :
  • VIVA/Muhammad Naufal

Selain sedang mempersiapkan peta pengembangan IKN, Jagat juga membuka pintu bagi para brand dan pembuat kontan (content creator) lokal untuk berkreasi dan beraktivitas.

Sejauh ini telah terdapat beberapa mitra yang telah lebih dulu terjun ke dunia virtual. Mulai dari Noice, Sociolla, Bumilangit, Hepmil Media Group, ROH Project, Indozone, Jakarta Intercultural School, Pijar Foundation, dan Play3.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya