Platform Ini Bisa Dimanfaatkan Musisi dan Content Creator yang Awam NFT

Non-fungible token (NFT).
Sumber :
  • Vecteezy

VIVA Tekno – OurSong, platform musik non-fungible token (NFT) besutan musisi Taiwan dan penyanyi peraih 12 Grammy Award John Legend, resmi meluncur di Indonesia.

Ternyata Vidi Aldiano Suka Berburu Free Ongkir dan Selalu Menang War Produk

Pianis Ananda Sukarlan dan graphic artist Nadya Noor akan menjadi kolaborator lokal pertama yang tampil di dalam platform tersebut.

Kehadiran platform OurSong dimaksudkan sebagai jembatan penghubung, baik antar sesama musisi/artis/pembuat konten (content creator) maupun dengan penggemar.

Trading Kripto untuk Pemula Cuan Hanya di Sini

Lewat aplikasi OurSong, musisi atau kreator dapat saling berkolaborasi, memonetisasi konten, dan membangun komunitas penggemar dengan lebih efektif.

"OurSong memberi penggemar kesempatan untuk berinteraksi dengan musisi/content creator idola mereka hingga level personal. Sebaliknya, musisi/pembuat konten dapat memonetisasi konten dan hubungan dengan penggemar lewat produksi NFT, atau yang kami sebut sebagai Vibe," kata Manajer Komunitas OurSong Indonesia, Karina Basrewan di Jakarta, Sabtu, 29 Oktober 2022.

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

Platform OurSong.

Photo :
  • Dok. OurSong Indonesia

Menurutnya, koneksi hingga ke level personal di platform OurSong bisa didapatkan penggemar lewat hak istimewa yang melekat di NFT atau Vibe karya musisi/kreator.

Hak istimewa ini juga bisa berbentuk akses ke koleksi langka seperti rekaman musik yang belum dirilis dan interaksi via augmented reality (AR).

"Mereka tinggal memilih dan membeli Vibe sesuai keinginan. Pengguna, baik pembuat konten maupun penggemar, berkesempatan memonetisasi kolaborasi maupun keaktifan mereka di platform OurSong lewat jual beli produksi Vibe masing-masing," jelas dia.

Berbeda dari platform NFT lainnya, OurSong tidak memerlukan proses rumit dan mahal dalam proses produksi maupun jual beli NFT.

Sementara platform NFT lainnya membutuhkan dompet kripto sebagai alat pembayaran, produksi, transaksi, dan distribusi NFT atau Vibe OurSong bisa dilakukan dengan mudah dan lewat mata uang dolar AS.

"Jadi, OurSong sejatinya adalah juga platform social-commerce NFT dalam pengertian luas. Tidak terbatas hanya NFT musik saja," tutur Karina. Kolaborasi antara Ananda Sukarlan dan Nadya Noor dijanjikan bakal sangat menarik.

Ananda Sukarlan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Keduanya akan saling mengapresiasi karya satu sama lain lewat keahlian masing-masing, di mana Ananda lewat kedalaman dentingan pianonya, dan Nadya lewat ilustrasi grafisnya yang dikenal istimewa.

"Kemudahan produksi, distribusi, dan monetisasi NFT di platform OurSong akan menjadi game changer bagi musisi maupun content creator yang awam NFT, namun tertarik dengan potensinya. Kemudahan tersebut juga ditunjang oleh banyak fitur lain, seperti membuat remix atau menampilkan hasil kolaborasi para kreator," kata dia.

Hasil kolaborasi Ananda Sukarlan dan Nadya Noor dapat dinikmati lewat platform OurSong saat peresmiannya pada 2 November mendatang. Meski begitu, OurSong sudah bisa diunduh secara gratis di Play Store maupun App Store.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya