Bisnis Jahit dan Permak juga Manfaatkan Teknologi Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).
Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).
Sumber :
  • Analytics Insight

VIVA Tekno – Perkembangan industri sandang yang begitu pesat tidak lepas dari peran para pegiat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang turut memberikan kontribusi. Maklum, sandang menjadi salah satu yang memberi dampak perkembangan tren fesyen yang terus berubah.

Hal ini menimbulkan permasalahan baru dengan produk pakaian yang banyak terjual setiap hari. Untuk memberikan solusi dari permasalahan ini, perusahaan rintisan atau startup jahit online lokal PT Callme Digital Indonesia atau Callme Tailor hadir sebagai karya anak bangsa Indonesia.

"Kami berharap Callme dapat menjadi solusi dari hulu ke hilir sekaligus menjadi jembatan yang dapat menghubungkan seluruh pemangku kepentingan di industri ini dengan pemberdayaan teknologi yang dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat," kata Pendiri Callme Tailor, Veryco Andrean, Senin, 31 Oktober 2022.

Ia berkisah awal mulai mendirikan startup ini ketika melihat kondisi masyarakat yang banyak kehilangan pekerjaan dan masih jarang dalam memanfaatkan kebutuhan jahit dan permak.

Untuk itu, Veryco mengawali bisnis dengan fokus terhadap komunitas penjahit dan seluruh perajin kain Nusantara di seluruh Indonesia untuk dapat bersama-sama mengoptimalkan solusi teknologi dengan keberadaan marketplace dan rantai pasok penjahit.

Hal ini bisa memaksimalkan potensi pasar yang lebih luas tidak hanya di pasar lokal, tetapi tidak tertutup juga di pasar internasional. Ia juga menekankan bahwa Callme Tailor menawarkan solusi ramah lingkungan yang mengedepankan bahan-bahan organik.