Pengemudi Online dan Kurir Bakal Semringah, Dapat Insentif Layaknya Karyawan Tetap

Aplikasi layanan transportasi online.
Aplikasi layanan transportasi online.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA Tekno – Pengemudi online maupun kurir pengantar makanan di Singapura akan mendapatkan lebih banyak manfaat, seperti asuransi dan dana pensiun, tanpa harus mengangkat mereka sebagai karyawan tetap.

Dalam keputusan yang mempengaruhi perusahaan seperti Grab Holdings Ltd, GoTo Group, Foodpanda milik Delivery Hero SE, dan Deliveroo Plc, Pemerintah Singapura memiliki 12 rekomendasi dari komite yang mengerjakan standard baru untuk gig worker atau pekerja lepas.

Aturan baru ini akan membutuhkan perubahan legislatif dan berlaku paling cepat pada semester II 2024, melansir dari situs The Star, Kamis, 24 November 2022.

Meskipun aturan baru akan menjamin lebih banyak manfaat bagi pekerja, misalnya dalam kasus cedera, kenaikan biaya untuk perusahaan akan dibatasi karena mereka tidak perlu mempekerjakan pengemudi online atau kurir sebagai karyawan tetap.

Driver Ojek Online Sedang Menunggu Orderan

Driver Ojek Online Sedang Menunggu Orderan

Photo :
  • Dok. Istimewa

Langkah tersebut mencerminkan meningkatnya tekanan pada perusahaan seperti Uber Technologies Inc., karena pemerintah di seluruh dunia mempertimbangkan perubahan kebijakan untuk menaikkan upah atau memberikan perawatan kesehatan kepada karyawan kontrak yang tidak menikmati tunjangan seperti karyawan tetap.

Para kritikus mengatakan bahwa perusahaan pengiriman makanan seperti Grab, Foodpanda, dan Deliveroo – yang berkembang pesat selama pandemi Covid-19 – telah memperburuk kesenjangan sosial dengan tidak memberikan penghargaan yang semestinya kepada kurir mereka.