PHK Memang Banyak tapi Masih Ada Perusahaan Buka Lowongan Kerja

Ilustrasi mencari pekerjaan.
Ilustrasi mencari pekerjaan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno – Sepanjang tahun ini, banyak perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK), tak terkecuali perusahaan rintisan yang bergerak dalam industri teknologi di mana fenomena ini disebut sebagai ‘Tech Winter’.

Berdasarkan data internal JobStreet, di Indonesia posisi pekerjaan tetap yang paling banyak diberhentikan adalah admin dan sumber daya manusia (16 persen), transportasi dan logistik (14 persen), sales dan business development (11 persen) serta marketing dan branding (10 persen) dengan angka rata-rata pemberhentian 13,1 karyawan per perusahaan.

Dalam laporan yang sama juga ditemukan angka perekrutan karyawan sudah meningkat, di mana 50 persen perusahaan besar melaporkan bahwa rencana perekrutan mereka sudah kembali ke level pra-pandemi dan 28 persen perusahaan melaporkan perekrutan akan pulih dalam 9 bulan ke depan.

Sebagian besar juga sudah membuka lowongan pekerjaan untuk fresh graduate. Data JobStreet menunjukkan bahwa 64 persen perusahaan telah mempekerjakan lulusan baru selama 12 bulan terakhir, dan 8 dari 10 perusahaan besar telah mempekerjakan lulusan baru.

Ilustrasi PHK.

Ilustrasi PHK.

Photo :
  • VIVA.

"JobStreet memahami kesulitan yang dirasakan para profesional yang telah kehilangan pekerjaan mereka, dan kami hadir untuk membantu mereka menemukan pekerjaan yang lebih memuaskan dan produktif," ujar Head of Business Development JobStreet Indonesia, Yamin Chen, di Jakarta, Rabu, 7 Desember 2022.

Laporan tersebut membuat perusahaan percaya diri untuk mengadakan Virtual Career Fair yang berlangsung dari 8-10 Desember 2022 dan diikuti oleh lebih dari 400 perusahaan terkemuka.

Halaman Selanjutnya
img_title