Kopi Buatan Robot Barista Dihargai Rp68 Ribu

Robot barista OttenMatic.
Sumber :
  • Otten Coffee

VIVA Tekno – Di zaman modern ini, banyak teknologi yang diramalkan akan mengalihkan sumber daya manusia ke sesuatu yang bersifat otomasi. Salah satu yang hangat menjadi pembicaraan adalah kehadiran robot yang dapat menjadi juru masak atau bahkan barista

Turun Gunung Atasi Kebakaran Gudang Amunisi Kodam Jaya, Ini Kecanggihan Robot Damkar DKI

Dalam sebuah studi disebutkan teknologi semacam ini perlahan akan diterima oleh masyarakat walau terdapat banyak kekhawatiran mengenai peran manusia yang semakin dikesampingkan, terutama dalam faktor ‘interaksi langsung’.

OttenMatic jadi salah satu robot barista canggih pertama di Indonesia. Ini pertama diperkenalkan oleh Otten Coffee pada tahun 2021.

Robot Bergerak Bantu Padamkan Kebakaran Gudang Munisi TNI Ciangsana Bogor

“OttenMatic adalah robot barista personal yang akan menawarkan pengalaman ngopi yang berbeda bagi semua orang," kata CEO dan Co-Founder Otten Coffee, Jhoni Kusno, melalui konferensi pers virtual, Kamis, 8 Desember 2022.

Dia melanjutkan robot ini diperkenalkan sebagai bagian dari edukasi mengenai kopi bagi semua orang yang mengunjungi Otten Store. 

Penganiaya Barista di Jaksel Masih Misterius, Polisi Cek CCTV

“Kehadiran OttenMatic bukan untuk menggantikan barista, tapi lebih sebagai bentuk pengalaman unik untuk minum kopi serta edukasi mengenai kopi di Indonesia bagi setiap pengunjung yang bertandang ke toko kami,” imbuhnya.

Robot barista OttenMatic

Photo :
  • Otten Coffee

Alih-alih hanya sebagai peracik kopi, OttenMatic juga memberikan edukasi untuk setiap pengunjung. Saat konsumen datang untuk berpartisipasi dalam pengalaman ini, OttenMatic akan menyapa mereka dan meracikkan secangkir kopi. 

Robot ini kemudian akan menceritakan perjalanan kopi yang ia suguhkan dengan bahasa yang menarik dan tidak mudah dilupakan. 

“OttenMatic merupakan bentuk dari kontribusi Otten pada masyarakat untuk mengedukasi para pecinta kopi tentang proses pembuatan kopi dari hulu ke hilir,” ujar Jhoni.

Benda canggih itu akan bercerita mulai dari asal biji kopi, proses roasting, hingga cara menyeduh dan alat yang dibutuhkan.

OttenMatic dapat dikunjungi oleh pengunjung yang datang langsung ke Otten Store di Senopati dan Bandung. Untuk bertemu robot ini, para pengunjung cukup membayar Rp68.000, termasuk segelas kopi yang diracik oleh sang robot.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya