4 Pendiri Startup Terkaya di Indonesia, Ada yang Pernah jadi Penjaga Warnet

CEO Tokopedia William Tanuwijaya.
Sumber :
  • https://seasia.co/

VIVA Tekno – Startup merupakan perusahaan rintisan yang dijalankan oleh perorangan atau kelompok untuk menciptakan sebuah produk. Perlu diketahui bahwa Indonesia memiliki startup.

Sinar Mas Land Melalui Digital Hub bersama Xendit Gelar DNA VC Startup Connect

Namun, beberapa pemilik startup di antaranya ada yang sangat terkenal sehingga pemiliknya masuk ke dalam jajaran orang terkaya di Indonesia. Berikut 4 pendiri startup terkaya di Indonesia, berdasarkan data yang diolah VIVA Tekno:

Nadiem Makarim – Gojek

Angin Segar untuk Startup Pemula

Nadiem Makarim yang sekarang menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di bawah Pemerintahan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin. Ia adalah pendiri dari startup Gojek yang merupakan sebuah aplikasi transportasi online dan lainya.

Kini, aplikasi tersebut telah tersebar di Asia tenggara seperti Singapura, Vietnam dan Thailand. Menteri berusia 38 tahun tersebut, kini masuk dalam daftar Startup terkaya di Indonesia dan memiliki kekayaan sebesar Rp1,4 triliun. Ia juga merupakan lulusan Harvard University dan memperoleh gelar doktor pada 2006.

Maroko Masuk dalam 5 Besar Negara Terkaya di Afrika

Ferry Unardi – Traveloka

Ferry Unardi merupakan seorang pengusaha sekaligus pendiri startup Traveloka. Sebelum mendirikan Traveloka, Ia memulai membuat industri E-Ticketing ketika usianya 23 tahun, tepatnya pada 2012.

Kemudian, ia bersama rekan kuliahnya mengembangkan sistem penjualan tiket pesawat dan kereta api. Ketika pertama kali membangun, startup tersebut awalnya tidak ada pihak maskapai yang mau bekerja sama dengannya.

Namun, seiring dengan kemajuan traffic website-nya, banyak maskapai yang berdatangan untuk meminta kerja sama. Setiap pembelian tiket di websitenya, Ia meminta 5 persen dari harga satu tiket. Maka dari itu, ia diperkirakan memiliki kekayaan sebesar Rp2,1 triliun. Ia juga merupakan lulusan Harvard University dan kini usianya 34 tahun.

William Tanuwijaya – Tokopedia

William Tanuwijaya merupakan seorang pengusaha sekaligus pendiri Startup Tokopedia. Ia lahir 11 November 1981 di Pemantang Sintar, Sumatera Utara. Ia lalu merantau ke Jakarta untuk mengikuti keinginan Ayahnya. lalu ia berkuliah di Binus University.

Kemudian sang ayahnya sakit dan mengharuskan William Tanuwijaya mencari kerja sampingan untuk tetap melanjutkan kuliahnya. Kemudian ia bekerja di sebuah warnet yang memunculkan ide dirinya membuat Tokopedia pada 2009.

Kini, Tokopedia menjadi salah satu startup yang memiliki pendapatan yang sangat besar. Maka tidak heran jika William Tanuwijaya memiliki kekayaan Rp1,8 triliun.

Achmad Zaky – Bukalapak

Achmad Zaky merupakan seorang pengusaha sekaligus pendiri startup Bukalapak. Ia pertama kali mendirikan situs tersebut pada 2010 bersama rekan kerjanya yaitu Muhammad Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono.

Selain itu, ia menghabiskan pendidikan S1 nya di Institut Teknologi Bandung dengan mengambil jurusan Teknik Informatika. Pengusaha berusia 36 tahun tersebut, kini telah memiliki kekayaan sebesar Rp1,8 triliun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya