Bidik UMKM Mamin, Jasa hingga Agribisnis Lewat Neobank

KoinWorks.
Sumber :
  • Dok. KoinWorks

VIVA Tekno – Perusahaan rintisan berbasis teknologi keuangan (startup fintech) yang fokus ke pendanaan UMKM, KoinWorks, melanjutkan perjalanannya usai menjadi neobank pada tahun ini.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Dengan basis pengguna yang kini mencapai 2,5 juta pengguna, KoinWorks telah menyalurkan pendanaan hingga Rp8 triliun kepada lebih dari 850 ribu UMKM di 2022.

Angka tersebut masih terus bertambah hingga menjelang akhir tahun yang tinggal beberapa hari lagi. KoinWorks Neo telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari transformasi.

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

Neo Card merupakan salah satu fitur unggulan KoinWorks Neo, dan hingga kini 200 ribu kartu telah dibuat.

Dengan Virtual Card Number (VCN), kartu ini berfungsi sebagai kartu debit virtual bagi UMKM, yang memungkinkan UMKM untuk bertransaksi secara digital ke lingkup internasional, menemukan harga paling kompetitif untuk bahan baku dan sumber daya lainnya untuk bisnis, dan menerima pembiayaan.

Angin Segar untuk Startup Pemula

"Mendukung pengembangan UMKM di industri-industri penting seperti makanan dan minuman (mamin/F&B), fesyen, agribisnis, dan jasa merupakan suatu kebanggaan. Kami akan terus melakukannya secara konsisten," kata Chief Marketing Officer KoinWorks Grace Hong, Selasa, 27 Desember 2022.

Selain menciptakan solusi bagi UMKM, KoinWorks juga meningkatkan potensi industri ini dengan berbagai inisiatif pengembangan usaha di sepanjang 2022.

Sebanyak 9.000 UMKM dari berbagai industri mengikuti kompetisi KoinWorks Neo Inspire yang memfasilitasi pemenangnya dengan modal usaha.

"Kami juga mengadakan pelatihan bisnis untuk UMKM pada tingkat kelurahan, sekaligus memperluas penetrasi KoinWorks Neo," tegas Hong.

UMKM diprediksi akan tetap menjadi garda terdepan perekonomian Indonesia pada 2023, di tengah berbagai tantangan yang dihadapi.

Akses pembiayaan UMKM dan pertumbuhan usaha juga akan terus ditingkatkan sejalan dengan target pemerintah. Untuk itu, startup fintech tersebut melanjutkan komitmennya untuk memberikan solusi keuangan bagi UMKM yang masih underserved.

"Upaya kami dalam digitalisasi UMKM semakin terlihat dari teknologi yang terus diperbarui. KoinWorks Neo menjadi andalan kami di masa depan yang tetap fokus pada strategi pengembangan UMKM dalam skala mikro," tutur Chief Executive Officer KoinWorks Benedicto Haryono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya