GoFood Catat Peningkatan Transaksi di Indonesia dan Vietnam

GoFood.
Sumber :
  • GoTo

VIVA Tekno – Kinerja online food delivery (OFD) Gojek, bagian dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk membukukan peningkatan nilai transaksi di Indonesia dan Vietnam di atas rata-rata industri pesan-antar makanan Asia Tenggara.

Media AS Sorot Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam: Patut Mendapat Pujian

Hal ini juga didukung oleh meningkatnya rata-rata nilai transaksi per pelanggan di semester II 2022. Dibandingkan tahun sebelumnya, nilai transaksi GoFood dari dua negara ini berhasil tumbuh dua kali lipat lebih tinggi dari rata-rata industri pesan-antar makanan di Asia Tenggara pada tahun lalu.

Kinerja positif selama tahun lalu disokong oleh peningkatan proporsi pelanggan di Indonesia, dari 38 persen menjadi 52 persen dari total jumlah pelanggan GoFood.

Sehari Perkuat Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri Langsung Main Bersama Dewa United

Tren positif dalam negeri diikuti Vietnam, yang mana nilai transaksi meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan 2021.

Kesuksesan ini merupakan wujud keberhasilan strategi perusahaan yang berfokus pada pertumbuhan basis pelanggan dan berkualitas melalui inovasi produk.

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Director and Head of Food Sales and Operations PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk Catherine Hindra Sutjahyo mengungkapkan setiap inovasi di GoFood berfokus untuk mengembangkan solusi produk agar pelanggan semakin setia.

GoFood Festival.

Photo :
  • Instagram @gofoodindonesia

“Pelanggan memiliki keinginan dan perilaku konsumsi makanan yang berbeda-beda. Dengan berbekal pengalaman kami selama delapan tahun menjadi ahli di pasar OFD, kami menganalisis dan memanfaatkan data untuk memetakan kebutuhan setiap pelanggan agar dapat menghadirkan pilihan yang tepat," ujarnya dalam rilis resmi, Kamis, 19 Januari 2023.

Adapun langkah GoFood menuju pertumbuhan yang sehat dalam rangka mempercepat profitabilitas meliputi tiga strategi utama:

Memperkuat brand GoFood sebagai layanan OFD yang memberikan pengalaman kuliner paling menyenangkan dengan rekomendasi tepat berbasis teknologi pencarian.

Mengembangkan teknologi machine learning untuk alokasi promo yang lebih efektif ke calon pelanggan (potential user), pelanggan baru (new user) maupun yang telah menjadi pelanggan GoFood (existing user) yang dapat didorong menjadi pelanggan setia.

Meningkatkan efisiensi dari promo yang dilakukan secara mandiri oleh mitra usaha GoFood (merchant funded promo) untuk membantu meningkatkan pendapatan mitra usaha sekaligus menekan biaya pemasaran mereka.

Di tengah maraknya layanan cloud kitchen yang gulung tikar di industri OFD pada 2022, jumlah Dapur Bersama GoFood justru meningkat 170 persen dibandingkan tahun 2021, yakni menjadi 73 lokasi Dapur Bersama yang tersebar di 12 kota. Sementara jumlah mitra usaha kuliner GoFood di Indonesia pada 2022 meningkat sebanyak 45 persen dibanding 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya