Startup Ini Jadi 'Penunjuk Arah' Siswa agar Tak Salah Jurusan

Pendiri dan Kepala Eksekutif Kelas Pintar Fernando Uffie.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyebutkan bahwa maksimal hanya 20 persen lulusan perguruan tinggi yang bekerja sesuai dengan program studinya.

Top Trending: Kisah Aneh dari Jabal Malaikat, Fenomena Cek Khodam, Mitos Kecubung

Ini diperkuat dengan studi Career Center Network pada 2017 yang menemukan bahwa 87 persen mahasiswa tidak memilih jurusan kuliah sesuai minat. Startup belajar online Kelas Pintar menghadirkan solusi kendala 'salah jurusan'. 

Mereka baru saja meluncurkan solusi yang akan mendampingi belajar siswa untuk lolos seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), yang didesain selaras dengan ketentuan Seleksi Nasional dari Pemerintah dan Ujian Mandiri dari Perguruan Tinggi Negeri pilihan.

Fraksi Gerindra DPRD Sumut Desak Disdik Copot Kepsek SMAN 8 Medan

Solusi yang dikemas dalam produk bernama 'PTN' ini didesain khusus untuk siswa yang akan memasuki jenjang perguruan tinggi. Fitur yang dihadirkan meliputi Tes Minat dan Kepribadian, Live Class, Bank Soal, Try Out, dan Laporan Pembelajaran.
 
"PTN merupakan satu-satunya solusi yang secara komprehensif memberikan pendampingan kepada siswa mulai dari mengenali minat, menentukan jurusan dan perguruan tinggi yang dituju, serta mendampingi siswa dalam keseluruhan proses untuk lolos ke perguruan tinggi negeri," Founder dan CEO Kelas Pintar, Fernando Uffie di Jakarta, Kamis, 26 Januari 2023.
 
Salah satu fitur yang dihadirkan, tes minat dan kepribadian akan membantu siswa untuk menemukan minat menentukan jurusan, universitas, dan profesi sebagai goals. Setelah itu akan ada pendampingan dalam bentuk Live Class, Bank Soal, dan Try Out. Semua proses akan terukur dalam laporan pembelajaran.

Kelas Pintar kenalkan fitur PTN.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah
Siswa Tunarungu Diminta Lepas Alat Bantu Dengar saat UTBK, Dirjen HAM Turun Tangan

"Fitur ini diharapkan tidak hanya mampu mengantarkan siswa masuk perguruan tinggi negeri, tapi juga bisa meminimalisir kendala 'salah jurusan' dan agar mereka kelak bisa melakoni bidang profesi yang sesuai dengan program studinya," imbuh Uffie.

Berikut adalah 5 fitur utama PTN:
 
Tes Minat dan Kepribadian
 
PTN dari Kelas Pintar akan mengeluarkan rekomendasi PTN yang sesuai jurusan yang ada, PTN terbaik, PTN dengan minat terbanyak dan PTN terdekat dengan domisili siswa.
 
Live Class

Fitur ini merupakan pendampingan belajar secara daring dan interaktif bersama Guru Ahli Kelas Pintar seputar materi seleksi nasional dan ujian mandiri Perguruan Tinggi Negeri.
 
Mata pelajaran yang diajarkan dalam sesi Live Class berupa mata pelajaran terkait Tes Potensi Skolasitk (TPS), Tes Potensi Akademik (TPA) Saintek dan Tes Potensi Akademik (TPA) Soshum.
 
Bank Soal

PTN dari Kelas Pintar ini juga memiliki fitur Bank Soal yang merupakan kumpulan latihan-latihan soal untuk mempertajam pemahaman siswa terhadap materi seleksi nasional dan ujian mandiri PTN.
 
Try Out
 
Metode penilaian Try Out menggunakan metode Item Response Theory (IRT) dimana penilaian didasarkan pada tingkat kesulitan masing-masing butir soal yang ditentukan dari rasio akurasi jawaban setiap peserta.
 
Laporan Pembelajaran

Selama pendampingan ini, siswa maupun orang tua dapat melihat progress hasil pembelajaran dalam fitur Laporan Pembelajaran. Dilengkapi dengan informasi peluang masuk PTN berdasarkan hasil Tes Minat dan Kepribadian serta pilihan pribadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya