Menerapkan Digitalisasi Pertanian Butuh Kolaborasi

Ilustrasi petani.
Sumber :
  • Dok. EdenFarm

VIVA Tekno – Perusahaan rintisan yang fokus pada teknologi pertanian (startup agritech), EdenFarm, menjajaki kolaborasi dengan Indico, anak usaha Telkomsel, untuk memperkuat digitalisasi pertanian.

Cara Pandawa Agri Buat Sektor Pertanian Capai Praktik Berkelanjutan

Kolaborasi dilakukan setelah EdenFarm meraih pendanaan sebesar US$13,5 juta (Rp207,5 miliar) dalam putaran Pra-Seri B terbaru yang dipimpin oleh Telkomsel Mitra Inovasi (TMI).

Kedua perusahaan akan menjalin hubungan bisnis untuk implementasi teknologi platform digitalisasi pertanian untuk pengelolaan dan monitoring kegiatan pertanian, guna meningkatkan produktivitas mitra tani EdenFarm, dan mendukung pengembangan ekosistem pertanian digital di Indonesia.

2 Orang Ini Siap Mengawal Laju Bisnis Perusahaan

“Kami sangat antusias kerja sama dengan Indico dalam mengembangkan digitalisasi pertanian untuk mendukung produktivitas mitra tani EdenFarm dan memastikan ketersediaan suplai," kata Kepala Eksekutif EdenFarm David Setyadi Gunawan, melalui keterangan resminya, Minggu, 19 Maret 2023.

Menurutnya, EdenFarm selalu berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik, menjawab setiap tantangan dengan berbasis teknologi, serta mendukung kegiatan operasional secara efisien.

Airlangga: Negara Anggota OECD Akui Leadership RI di ASEAN dan G20

Startup agritech itu juga telah menggandeng berbagai pihak termasuk untuk kerjasama penelitian teknologi, pendanaan petani, dan digitalisasi pembayaran.

Sementara itu, Kepala Eksekutif Indico Andi Kristianto menuturkan jika kolaborasi dengan EdenFarm menjadi inisiatif baru di sektor agritech dalam dua bulan terakhir.

Indico sudah menggandeng Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tani Makmur dalam digital contract farming. Dalam pilot project tersebut, anak usaha Telkomsel tersebut mengimplementasikan solusi pertanian berbasis teknologi di 40 hektare lahan sawah di Kecamatan Selogiri, Wonogiri, Jawa Tengah.

Para petani di wilayah tersebut akan mempelajari teknik pertanian modern memanfaatkan teknologi Telkomsel Internet of Things (IoT) dan digitalisasi ekosistem pertanian.

"Kolaborasi dengan EdenFarm menjadi salah satu upaya kami dalam mengembangkan ekosistem digital di sektor pertanian. Kami yakin dapat memberikan kontribusi signifikan yang akan meningkatkan kesejahteraan petani, sekaligus memperkuat ketahanan pangan nasional,” jelas Andi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya