Startup Dana Lagi Semringah

Aplikasi Dana.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA Tekno – Aplikasi dompet digital Dana mencatat peningkatan pertumbuhan pada beberapa fitur dan layanan selama 12 hari Ramadhan 1444 Hijriah. Hal ini dipengaruhi oleh aktivitas berbelanja yang meningkat, khususnya bahan pokok serta fesyen.

Pemerintah Sudah Kantongi Rp 112 Miliar Pajak Transaksi Kripto pada 2024

“Kami melihat terjadinya peningkatan transaksi hingga 122 persen jika dibandingkan dengan 12 hari pertama bulan Ramadhan tahun lalu," kata Head of Marketing Dana Indonesia Lim Wimawan Kusuma di Jakarta, Kamis malam, 6 April 2023.

Sementara itu, kenaikan juga terjadi pada jumlah pengguna transaksi harian yang mencapai 103 persen. Perusahaan rintisan atau startup unicorn ini turut menemukan lima fitur yang jadi favorit selama bulan puasa.

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun

"Di antaranya seperti fitur kirim uang, pembayaran dengan QR, belanja di e-commerce, pulsa dan data, hingga layanan keuangan," lanjutnya.

Pertumbuhan positif juga dirasakan beberapa mitra. Fenomena ini dinilai selaras dengan perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia pascapandemi Covid-19 yang mulai menunjukkan geliat berbelanja.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Konferensi pers dompet digital Dana.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

"Kami melihat pertumbuhan yang signifikan dari jumlah merchant pada Ramadhan tahun ini dibandingkan tahun lalu," jelas Vice President of Business Operation Dana Indonesia Luqman Ibnu Purnomo. 

Kenaikannya dijelaskan mencapai 45 persen, di mana tahun ini startup unicorn itu berhasil menjalin kemitraan baru dengan beberapa mitra besar, seperti Alfamart dan MAP Group.

Hal tersebut berimbas pada pertumbuhan serupa dari transaksi merchant yang mengalami kenaikan hingga lebih dari 60 persen dibandingkan Ramadhan 2022. Pertumbuhan positif ini banyak dipengaruhi oleh pembelanjaan kebutuhan harian, hingga pembelian produk finansial dan investasi.

Dana juga menemukan peferensi masyarakat untuk melakukan donasi dan sedekah daring juga bertambah pesat. Tren positif ini menjadi bukti konsistensi Dana dalam menyediakan layanan pembayaran dan keuangan yang aman, cepat, dan mudah untuk berbagai situasi dan kondisi.

"Kami akan terus mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan beragam fitur guna mengoptimalkan ibadah pengguna selama Ramadhan. Beberapa edukasi tersebut mencakup pemanfaatan fitur Dana Donasi, Dompet Dhuafa untuk membayar Zakat, hingga fitur Kirim Uang atau Dana Kaget untuk mengirimkan THR," tutur Ibnu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya