Jepara Jadi Nomor 1 Pengguna Toko Daring

Ilustrasi belanja online.
Sumber :
  • siliconrepublic

VIVA Tekno – Mbizmarket bersama pemerintah Kota dan Kabupaten di Jawa Tengah bulan lalu mengadakan dialog, untuk membahas praktik terbaik dalam menggunakan Toko Daring sebagai metode pengadaan barang dan jasa bagi kebutuhan pemerintah.

Ternyata Vidi Aldiano Suka Berburu Free Ongkir dan Selalu Menang War Produk

Acara ini dihadiri oleh kepala bagian pengadaan barang dan jasa dari pemerintah kabupaten dan kota di seluruh Jawa Tengah.

Pada acara tersebut, para praktisi dan pejabat pengadaan pemerintah saling bertukar informasi mengenai pengalaman mereka dalam menggunakan Mbizmarket sebagai mitra Toko Daring dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP).

Trading Kripto untuk Pemula Cuan Hanya di Sini

Salah satu narasumber yang hadir adalah Kepala Bagian PBJ Kabupaten Jepara, Hasanudin Hermawan yang berbagi tips tentang bagaimana Kabupaten Jepara berhasil menjadi yang pertama dalam transaksi di Toko Daring LKPP kabupaten/kota di seluruh Indonesia dengan pengadaan senilai lebih dari Rp35 miliar.

Marketplace.

Photo :
  • Salesforce
Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

Hasanudin menjelaskan bahwa Kabupaten Jepara telah melakukan upaya maksimal dalam mendorong pengadaan pemerintah melalui platform tersebut, seperti memberikan sosialisasi kepada para OPD, sosialisasi dan pendampingan kepada penyedia, dan juga membuka coaching clinic untuk yang memerlukan arahan.

Sementara itu, Kota Magelang juga berencana untuk mengundang pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang telah terdaftar di PBJ untuk mendaftar di Mbizmarket. Semua kebutuhan barang dan jasa dengan nilai hingga maksimum Rp200 juta per transaksi harus didaftarkan di marketplace tersebut.

"Proses pengadaan barang/jasanya lewat e-kalatog lokal memang agak sulit. Saya harap pengadaan melalui Toko Daring akan menjadi lebih sederhana dengan adanya Mbizmarket," ujar Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kota Magelang, Wahyu Tri Prasetyo melalui keterangan resmi Mbizmarket, dikutip Jumat 7 April 2023.

Kota Magelang berusaha meningkatkan Indeks Tata Kelola Pengadaan LKPP dengan memaksimalkan pengadaan barang/jasa melalui platform itu. Salah satu caranya adalah dengan memfasilitasi para pelaku UMKM.

Melalui dialog ini, praktisi dan pejabat pengadaan pemerintah dapat memperoleh informasi dan pemahaman tentang praktik terbaik dalam menggunakan Toko Daring sebagai metode pengadaan barang dan jasa bagi kebutuhan pemerintah.

Hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah, serta memberikan kesempatan yang lebih luas bagi pelaku UMKM untuk berpartisipasi dalam pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya