Dicari Talenta Digital untuk Hadapi Abad 21

Ilustrasi bisnis anak muda.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno – Indonesia membutuhkan lebih banyak talenta digital untuk menguasai keterampilan abad 21 yang tangguh dan mampu beradaptasi menghadapi perkembangan teknologi yang pesat.

Jokowi dan SBY Jadi Mentor Andal Prabowo, Menurut Pengamat

Sebenarnya talenta teknologi pada tahun ini dan seterusnya masih sangat dibutuhkan oleh berbagai lini industri. Kebutuhan berlanjut seiring meningkatnya peranan dan perkembangan teknologi.

Tapi, kemajuan ini perlu diimbangi dengan kemampuan manusia dalam beradaptasi hingga mengoperasikan teknologi itu sendiri.

Transaksi Grup GoTo Q1-2024 Meningkat, Kerugian Mulai Dipangkas

Menjawab tantangan tersebut, budaya mentoring dinilai tepat untuk mengisi kesenjangan kemampuan dengan perkembangan teknologi untuk mencetak para talenta yang bisa mengetahui, mengoperasikan, hingga menciptakan solusi inovatif.

Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), organisasi non-profit yang didirikan oleh Grup GoTo, meluncurkan Mentor Fellowship sebagai perwujudan akan komitmen dalam mengakselerasi kemajuan untuk menyelesaikan permasalahan literasi dan kemampuan digital di Indonesia.

Angin Segar untuk Startup Pemula

Inisiatif ini merupakan satu-satunya ruang bagi profesional teknologi untuk berjejaring (networking), sekaligus saling berbagi (sharing) hingga meningkatkan kapabilitas (leveling up) di Indonesia.

Ilustrasi talenta digital.

Photo :
  • agendaNi

Hal ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap agenda pemerintah dalam memperkuat ekonomi digital. YABB memiliki misi untuk memastikan setiap orang Indonesia bisa berpartisipasi di dalam ekonomi digital, serta menjadikan negara sebagai sumber kekuatan talenta digital.

"Untuk mencapai tujuan tersebut, YABB sadar bahwa akselerasi transformasi talenta digital sangat diperlukan," kata Chairperson YABB Monica Oudang di Jakarta, Jumat, 14 April 2023.

Salah satu solusi yang telah dilaksanakan adalah program Generasi Gigih yang memberi kesempatan kepada generasi muda dengan beragam latar belakang untuk menjadi talenta muda yang siap berkarir di sektor teknologi.

Hingga hari peluncuran, sebanyak 212 mentor fellow yang berasal dari berbagai perusahaan di Indonesia, Singapura, dan India telah bergabung ke dalam inisiatif Mentor Fellowship.

Para mentor akan dibekali berbagai materi soft skills–facilitating skill dan juga mentoring skill yang disusun oleh pakar di industri, sehingga siap untuk menjalankan transformational mentorship yang dapat memberikan manfaat besar bagi para mentor dan mentees.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya