Lagi, Raksasa Teknologi Amazon PHK Karyawan

Amazon Web Services (AWS).
Sumber :
  • Data Center Knowledge

VIVA Tekno  – Amazon telah secara resmi memulai putaran terakhir penjualan karyawannya. Pemecatan yang diumumkan sebelumnya mencapai 9.000 staf yang memengaruhi pekerja di Amazon Web Services ( AWS ) dan sektor sumber daya manusia.

5 Negara Bagian dengan Cadangan Minyak Terbesar di AS

Pemotongan dilakukan sesuai rencana karena memo internal dari teknologi raksasa bulan lalu diam bahwa staf AWS dan HR akan berada di blok pemotongan.

Hari Rabu jadi awal dari segalanya. Karyawan yang terkena dampak di AS, Kanada , dan Kosta Rika semuanya telah menerima pemberitahuan, menurut dua memo internal dari eksekutif Amazon. Staf di daerah lain akan segera mengetahui status posisi mereka, masih menurut catatan memo tersebut.

AS Minta Iran Biarkan Israel Lakukan Serangan Balik, Hanya Sebagai 'Simbolis' Agar Israel Tak Malu

"Ini adalah hari yang berat di seluruh organisasi kami. Kami bekerja keras untuk memperlakukan semua orang yang terkena dampak dengan hormat,” tulis CEO AWS, Adam Selipsky kepada staf.

Karyawan yang diberhentikan akan menerima tunjangan kesehatan transisi, pesangon, uang pisah, dukungan pencarian kerja, dan layanan lainnya, klaim perusahaan. Namun, terlepas dari niat yang dinyatakan perusahaan dan paket PHK yang relatif nyaman, karyawan AWS mungkin merasa tidak terlalu dihormati.

Akhiri Perang Dingin, Menhan AS dan China Lakukan Video Call Setelah Setahun

Lengan komputasi awan Amazon dengan mudah menjadi salah satu sektor perusahaan yang paling menguntungkan. Bahkan di tengah gejolak teknologi ekonomi yang sedang berlangsung tahun lalu, AWS tetap menjadi penghasil uang yang terus berkembang.

Dalam laporan triwulanan terbarunya, Amazon mencatat bahwa penjualan AWS telah meningkat 20 persen dari tahun ke tahun dan pendapatan AWS telah meningkat sekitar 2 persen antara akhir tahun 2021 dan akhir tahun 2022.

Jeff Bezos, CEO Amazon.

Photo :
  • U-Report

"Baik ukuran bisnis kami maupun ukuran tim, kami telah tumbuh secara signifikan selama beberapa tahun terakhir, didorong oleh permintaan pelanggan untuk cloud dan nilai unik yang diberikan AWS,” tulis Selipsky.

Namun tampaknya, pertumbuhan itu tidak cukup untuk mempertahankan pekerja AWS. Penjelasan PHK menurut memo eksekutif adalah untuk mengatur ulang prioritas dan efisiensi.

"Sangat penting bagi kita untuk fokus mengidentifikasi dan menempatkan sumber daya kita di belakang prioritas utama kita —hal-hal yang paling berarti bagi pelanggan dan yang akan menggerakkan bisnis. Dalam banyak kasus, ini berarti anggota tim mengalihkan proyek, inisiatif, atau tim tempat mereka bekerja. Namun dalam kasus lain, hal itu mengakibatkan hilangnya peran tersebut,” kata Selipsky.

Amazon mungkin secara tidak sengaja mengiklankan dan merekrut secara berlebihan untuk pekerjaan AWS pada tahun 2022. Sektor tersebut memposting hampir 25.000 lowongan pekerjaan secara online, padahal yang dibutuhkan di bawah 8.000, menurut dokumen yang dibocorkan oleh Insider pada bulan Maret.

Secara total, gelombang terbaru PHK Amazon ini akan berdampak pada sekitar 9.000 pekerja—di atas 18.000 yang sudah dipangkas perusahaan awal tahun ini.

Karyawan AWS juga terpengaruh pada putaran awal pemotongan di bulan Januari, bersama dengan karyawan di divisi grosir, kesehatan, dan robotika Amazon.

Jika digabungkan, PHK Amazon tahun 2023 adalah yang terbesar dalam hampir 30 tahun sejarah perusahaan, mengutip dari situs Gizmodo, Kamis, 27 April 2023.

Dalam jangka panjang, PHK adalah strategi buruk dalam keberlanjutan suatu perusahaan. Tapi dalam jangka pendek, pendapatan akan naik karena biaya overhead turun. Kemungkinan besar, Amazon akan membicarakan upaya pemotongan biaya baru-baru ini dan meningkatkan efisiensi dalam laporan pendapatannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya