Startup Mahasiswa Universitas Brawijaya Tampil di Hannover Messe

Startup Axotic Farm.
Sumber :
  • VIVA/Uki Rama

VIVA Tekno – Empat mahasiswa Universitas Brawijaya yang tergabung dalam tim Axotic Farm menjadi tim Official Partner Country Hannover Messe 2023. Mereka adalah Daffa Khairan (FPIK 2018), Muhammad Setiawan Gusmi (FPIK 2018), Raditya Putra Trenggono (FPIK 2021), dan Brillian Prastica (FPIK 2018).

Awal Mula Dosen Untan Diduga Joki Nilai Mahasiswa S2: Tak Pernah Kuliah Tapi Ada Nilainya

CEO Axotic Farm Daffa Khairan mengatakan pada ajang Hannover Messe 2023 Axotic Farm mereka memposisikan diri sebagai Indonesian Fish Trading. Mereka membawa berbagai komoditi perikanan Indonesia ke Jerman.

"Harapannya melalui ini Indonesia dapat meningkatkan peluang untuk ekpansi pasar perikanan ke Eropa. Hal ini juga sejalan dengan visi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk bisa ekspansi ke Eropa karena berdasarkan data KKP nilai ekspor perikanan ke negara Uni Eropa senilai USD357,12 juta atau hanya 6,26 persen dari total keseluruhan," kata Daffa, Jumat, 28 April 2023.

Viral Dugaan Pelecehan Seksual Mahasiswa Undip, Korban Curhat Malah Dicekoki Miras

Axotic Farm sendiri merupakan perusahaan hasil hilirisasi riset Mahasiswa Universitas Brawijaya yang fokus pada pengembangan produk perikanan. Salah satu pencapaiannya adalah berhasil mengembangkan sistem U-RCS (Ultra Recirculated Chiller System).

U-RCS adalah sistem yang dapat memanipulasi parameter sehingga bisa mengembangkan berbagai komoditi dengan sistem close-loop. Komoditi yang menjadi fokus adalah Axolotl (Ambystoma Mexicanum) yang berhasil dikembangkan melalui sistem U-RCS.

Pendaftaran Ujian Masuk UIN Dibuka Hari Ini

Axolotl merupakan endemik Meksiko yang hidup pada iklim subtropis, namun kini berhasil dikembangkan dan adaptif di Indonesia yang beriklim tropis. "Pencapaian ini menjadi awal baru untuk ide pengembangan riset yang lebih besar seperti Salmon yang mungkin saja dapat dikembangkan di Indonesia," ujar Daffa.

Sebelumnya, Axotic Farm telah mengikuti berbagai kompetisi dan mendapat silver Medal pada PIMNAS XXXIV, Juara I KMI awards, Juara I UTU Awards pada bidang perencanaan bisnis.

Hannover Messe 2023 merupakan pameran teknologi industri tahunan terbesar di dunia yang diselenggarakan oleh Deutsche Messe AG (DMAG) dengan menggandeng negara mitra sebagai Official Partner Country.

Hannover Meese 2023 dimulai sejak 17 hingga 21 April kemarin. Pesertanya lebih dari 90 negara peserta serta dikunjungi oleh banyak pelaku bisnis dari seluruh Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya