Tokopedia Konsisten Bantu UMKM Lindungi Kekayaan Intelektual

Tokopedia.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham RI) berhasil melakukan 113.532 pencatatan ciptaan sepanjang 2022. Angka ini melampaui target yang ditetapkan sebesar 100.000 pencatatan. 

Temuan Makanan dan Minuman Kadaluarsa dan Tak Berizin di Swalayan Jombang, Ini Kata Pj Bupati

Sementara itu dalam data yang sama disampaikan juga bahwa capaian jumlah permohonan merek mencapai 105.580 dengan kontribusi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp172.282.500.000.

"Sebagai perusahaan teknologi Indonesia berbasis reputasi dan kepercayaan, Tokopedia juga berupaya melindungi HKI demi memastikan keamanan dan kenyamanan di seluruh ekosistem. Salah satunya dengan membantu upaya pemerintah dalam memberikan perlindungan bagi pemegang HKI,” ujar Associate Vice President of Risk Management Tokopedia, Bagas Dhanurendra dalam keterangannya, Sabtu, 20 Mei 2023.

Cerita Penjual Ayam Kampung Kembangkan Usaha dengan Kredit Ultra Mikro dari AgenBRILink

Sejak Oktober 2022, e-commerce Grup GoTo ini telah bekerja sama dengan DJKI dalam perlindungan HKI. Penandatanganan kerja sama dengan DJKI tersebut menjadikan Tokopedia sebagai marketplace pertama di Indonesia yang berkomitmen mendukung perlindungan HKI.

"Kami mengapresiasi Tokopedia yang telah menjadi partner dalam melindungi produk KI Indonesia di lokapasar Indonesia. Kerja sama ini telah menjadi pintu pembuka untuk meningkatkan jaminan legalitas kepada seluruh pemilik usaha, khususnya UMKM,” kata Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual, Min Usihen Ginting.

Unik, Pameran Ini Mendukung Pertumbuhan Berkelanjutan Sektor UMKM

Tokopedia.

Photo :
  • Tokopedia

Sementara itu Tokopedia percaya bahwa perang melawan pemalsuan membutuhkan peran semua pemangku kepentingan. Maka Tokopedia menegaskan dedikasinya untuk melindungi HKI bersama seluruh pihak termasuk pemerintah, dalam hal ini DJKI.

Sejak November 2022 hingga April 2023, bersama Kantor Wilayah Kemenkumham setempat, Tokopedia dan DJKI telah melakukan diseminasi, sosialisasi dan edukasi perlindungan HKI serta memfasilitasi pendaftaran merek bagi ratusan UMKM di Surabaya, Yogyakarta dan Bali.

Sebagai bentuk implementasi kerja sama antara dua belah pihak, Tokopedia kembali berkolaborasi dengan DJKI dalam Festival Kekayaan Intelektual 2023 yang diadakan pada 16-17 Mei 2023. Tokopedia akan memberikan berbagai edukasi mengenai perlindungan HKI dan membantu memfasilitasi pendaftaran kekayaan intelektual bagi UMKM.

Adapun beberapa upaya yang telah dilakukan Tokopedia Lindungi HKI Sepanjang 2022 adalah sebagai berikut.

1. Peningkatan kemampuan dan keterampilan Tim Perlindungan HKI Tokopedia.
2. Peningkatan efektivitas Portal Pelaporan HKI dan kemampuan pendeteksi pelanggaran.
3. Pertahankan kolaborasi dengan pemegang HKI lewat Tokopedia Brand Alliance Program.
4. Penerapan sistem mitigasi yang lebih kuat
5. Edukasi seputar HKI kepada para pemilik usaha.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya