Ajang Cybersecurity Hackathon Kembali Digelar di Indonesia

Acara Cybersecurity Hackathon 2023
Sumber :
  • Dok: InfraDigital

VIVA Tekno – InfraDigital Foundation kembali menggelar acara tahunan yang sangat dinantikan, yaitu U-Connect alias Cybersecurity Hackathon 2023. Acara ini bertujuan untuk mempertemukan para bakat dan profesional di bidang keamanan cyber.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Tahun ini, U-Connect diadakan di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan dukungan dari perusahaan ternama seperti Grab, Telkomsigma, Lintasarta, Isaca, dan Ovo.

Dalam beberapa tahun terakhir, permintaan akan tenaga kerja di bidang informasi dan teknologi, khususnya yang berhubungan dengan keamanan cyber, semakin meningkat di Indonesia.

Dharma Polimetal Tebar Dividen 2023 Rp 171,29 Miliar, 28 Persen dari Laba Bersih

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, InfraDigital Foundation telah menyelenggarakan program Cybersecurity Training yang memberikan pelatihan dan sertifikasi internasional di bidang keamanan cyber kepada lebih dari 6.000 peserta, termasuk siswa, alumni muda, guru SMK, lulusan baru, mahasiswa, dan mitra Grab.

Cybersecurity Hackathon 2023 menjadi platform penting dalam rangkaian acara InfraDigital Foundation untuk menghubungkan para peserta Cybersecurity Training dengan perusahaan-perusahaan terkemuka di industri IT.

Asia Tenggara Bisa Jadi Pemimpin Industri Kripto Dunia, Begini Penjelasannya

Melalui job channeling, para peserta Cybersecurity Hackathon memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan perwakilan perusahaan seperti Telkom Indonesia, DTO Kemenkes, Horangi Cyber Security, Vantage Point Security, CTI Group, SGI Asia, Biofarma, dan banyak lainnya.

Selain itu, U-Connect juga menampilkan acara utama lainnya, seperti Talkshow Industri yang membahas kebutuhan industri dan kesenjangan dengan tenaga kerja keamanan cyber di Indonesia.

Cybersecurity Hackathon 2023 juga menjadi kesempatan bagi peserta untuk memamerkan proyek mereka melalui Showcase Project Bootcamp. Dalam acara ini, peserta dapat menunjukkan kemampuan dan inovasi mereka di bidang keamanan cyber kepada audiens yang terdiri dari profesional, akademisi, dan penggiat industri IT.

Melalui U-Connect, diharapkan akan muncul lebih banyak bakat-bakat baru di bidang keamanan cyber di Indonesia. Acara ini tidak hanya memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengembangkan keterampilan mereka, tetapi juga menjadi jembatan untuk menjalin koneksi dengan perusahaan-perusahaan ternama di industri IT.

“Kami berharap, dengan adanya Hackathon Cybersecurity, Talkshow Industri dan Alumni Sessions ini,
para alumni kita semakin percaya diri untuk bisa bekerja ke depannya ataupun bisa memberikan dampak untuk sekitarnya,” ujar Chairman InfraDigital Foundation, Muhammad Rofi melalui keterangan resmi, dikutip Kamis 25 Mei 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya